Puncak Syukuran Harjad Tabalong Ke-55, Menpan RB Resmikan MPP


Tanjung, KP – Setelah dilakukan soft launching beroperasinya Mall Pelayanan Publik (MPP) Tabalong, akhirnya, di acara syukuran Hari Haji (Harjad) Kabupaten Tabalong Ke-55, grand opening langsung langsung dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.


Acara peresmian MPP Tabalong yang juga merupakan rangkaian acara puncak syukuran Harjad Tabalong ke-55 ini, digelar MPP Tabalong di Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak dan acara penandatanganan dilakukan di tempat perayaan Harjad Tabalong, yakni di Halaman Pendopo Bersinar, Senin (14/12).


Dalam sambutannya hari itu, Menpan RB mengatakan, MPP yang terletak di kelurahan Mabuun menyediakan 147 jenis layanan bagi publik berupa perizinan, pembuatan dokumen, hingga perpajakan.

“Banyaknya layanan yang disediakan oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membuat perijinan segala jemis, termasuk ruangan pencatatan perkawinan,” ujarnya.

“Pemerintah Kabupaten Tabalong adalah salah satu kabupaten yang memenuhi janjinya kepada masyakat untuk memberikan layanan yang baik dan prima bagi masyarakat, hal ini sesuai dengan visi misi pemerintah pusat, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, melalui MPP ini masyakarat tak perlu cari kemana-mana untuk mengurus dokumen-dokumen penting, terkait dengan kependudukan maupun lainnya,” ujar Tjahjo Kumolo.

Berita Lainnya
1 dari 210

Saat meresmikan MPP Tabalong, Menpan RB juga menyampaikan bahwa berbagai pelayanan pengurusan perizinan dan non-perizinan diintegrasikan dalam sistem pelayanan satu pintu, “MPP memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, provinsi, daerah, dan lintas instansi dalam satu gedung,” ujarnya.

“Gedung yang kita resmikan padas hari ini terdapat 147 instansi yang bergabung dan terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi vertikal yang ada di Kabupaten Tabalong,” demikian ujar Menpan RB.

Terpisah, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, mengatakan, terkait dengan sambutan Menpan RB Tjahjo Kumolo di peresmian MPP Tabalong, bahwa pelayanan dalam bangunan yang terletak di Mabuun Tanjung tersebut terdapat di dua lantai, yakni kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sebagai pemilik Gedung, serta instansi lain secara bersama sama di dalam satu bangunan.

Bangunan ini juga menurut Anang, dilengkapi dengan ruang pertemuan. “Pada lantai basement menyediakan fasilitas antara lain tempat bermain anak, pojok baca, musala, dan ruang laktasi,” ujarnya.
“Sementara fasilitas lain yang disediakan yakni fasilitas disabilitas dan toilet. Kecepatan, keterjangkauan, keterbukaan, keamanan, dan kenyamanan menjadi prinsip-prinsip dasar dalam penyelenggaran pelayanan publik oleh pemerintah,” terang Anang.

Selebihnya, Anang mengungkapkan bahwa Pemerintah KabupatenTabalong sejak lama telah berupaya mengakomodir prinsip-prinsip pelayanan tersebut, sehingga berbagai inovasi terus dikembangkan, demi mewujudkan pelayanan publik yang prima MPP dan diharapkan bisa meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi.

“Hal ini juga merupakan langkah strategis dalam perbaikan pelayanan publik. Terlebih, pemerintah tengah menggencarkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memudahkan masyarakat sebagai konsumen pelayanan,” demikian pungkas Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.
Selain Menpan RB Tjahjo Kumolo, di acara tersebut juga hadir Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, pimpinan mendia lokal maupun regional dan sejumlah undangan lainnya, termasuk dari mantan Bupati Tabalong. (ros/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya