Dikomandoi H Yuni, KKB Kembali Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

Banjarmasin, KP – Setelah menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Banjarmasin Selatan beberapa hari yang lalu, kali ini Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) kembali memberikan bantuan bagi warga yang berada di Banjarmasin Timur dan Utara.

Dikomandoi langsung oleh ketua umumnya, Yuni Abdi Nur Sulaiman, puluhan relawan KKB berjibaku menerobos genangan air yang cukup dalam merendam jalan-jalan di Banjarmasin.

Penyaluran bantuan dimulai dengan menuju Banjarmasin Timur, tepatnya di kawasan jalan Pramuka yang cukup parah merendam pemukiman penduduk.

Mewakili warganya, H Ahmad Fauzi, Ketua RT 25, Komplek Griya Rahayu Permai, Kelurahan Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, sangat mengapresiasi aksi sosial yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Bakumpai.

“Atas nama warga, saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya dengan bantuan KKB ini, khususnya kepada pak Yuni Abdi Nur Sulaiman. Alhamdulillah, kami sangat terbantu sekali,” ucapnya.

Menurutnya, di kompleknya tersebut ada sekitar 40 buah rumah yang terendam air pasang. Bahkan, yang paling parah hingga mencapai kedalaman 1 meter.

“Sudah 5 hari ini air masuk ke dalam rumah. Tinggi air rata-rata antara 20cm sampai 30cm. Sebagian warga, kalau malam tidur di musala Ar Raudah di depan itu,” ujar Fauzi.

Ia berharap pemerintah daerah dan kota ada solusi untuk segera mengatasi banjir ini. “Jika didiamkan seperti ini, bisa-bisa sampai setengah bulan akan tetap terendam kawasan pemukiman kita,” keluhnya.

Selanjutnya, relawan KKB melanjutkan perjalanan menuju posko banjir dan penampungan warga yang ada di terminal Km 6. Di sana, kembali diserahkan bantuan berupa paket makanan siap santap, air mineral dan obat-obatan.

Berita Lainnya

Banjarmasin Bantah Terapkan PPKM Level IV

1 dari 3.184

Setelah itu, relawan KKB kembali bergerak ke arah jalan Veteran, untuk menyalurkan bantuan bagi warga, terutama yang berada di Gg H Asmuni.

Usai Banjarmasin Timur, dilanjutkan ke kawasan Banjarmasin Utara. Di sana, KKB menyerahkan lagi bantuan untuk warga Sungai Andai, khususnya di Komplek PWI RT 31 dan posko banjir di jalan Mutiara Raya RT 26.

Di sela kegiatan, Ketua Umum KKB Pusat, H Yuni Abdi Nur Sulaiman mengungkapkan, bantuan langsung diserahkan bagi warga yang terdampak banjir, untuk meringankan beban mereka. Yang di tengah kepungan banjir, kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah, hari ini kami kembali dimudahkan langkah untuk menyerahkan bantuan bagi saudara-saudara kita yang terdampak banjir di wilayah Banjarmasin Timur dan Utara. Ada sekitar 1.000 nasi siap santap, air mineral dan obat-obatan yang kami bagikan, ungkap H Yuni, kepada awak media, Selasa (19/1).

Ia berharap, bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban para warga yang saat ini kondisinya cukup memprihatinkan.

“Semoga, bantuan ini dapat membantu saudara-saudara kita yang terdampak musibah banjir ini, khusunya di wilayah Banjarmasin,” imbuhnya.

Selain menempuh jalur darat, bantuan juga dibagikan melalui jalur sungai, dengan menggunakan tranportasi klotok. Dimana, bantuan tersebut akan disalurkan ke Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten

Banjar.

Ketua KKB Kota Banjarmasin, Mahfuzani mengatakan, pihaknya lebih memilih jalur sungai, karena tak memungkinkan jika dibagikan melalui jalur darat.

Diakuinya, jalur sungai akan lebih mudah ditempuh, mengingat akses darat akan mengalami banyak kendala di perjalanan, yang menyebabkan bantuan akan terlambat sampai tujuan.

“Lewat sungai lebih mudah, karena kalau lewat darat kedalaman air cukup tinggi, armada kemungkinan tak bisa tembus dengan cepat, takut jalannya macet juga,” pungkasnya. (opq/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya