Menjaga Harapan di Tahun 2021

Oleh : MHD. Natsir
Dosen Jurusan PLS FIP UNP Padang/Kandidat Doktor Pendidikan Masyarakat UPI Bandung

Pandemi Covid 19 ini telah mempengaruhi seluruh aktivitas masyarakat. Kehidupan ekonomi menjadi tidak menentu dan terasa sulit. Sekolah harus dijalankan secara daring, walau belajar saat ini terkesan hanya berupa simulasi yang belum menyentuh perubahan perilaku dari peserta didik. Begitu juga dengan kehidupan sosial yang semakin terganggu dengan minimnya interaksi secara fisik. Kondisi ini terus berlanjut dan belum bisa diprediksi kapan akan berakhirnya. Sehingga wajar hal ini menimbulkan rasa pesimis dan apatis dari berbagai kalangan terhadap kondisi yang tidak menentu seperti saat sekarang ini.

Menyambut awal tahun 2021 ini, penting bagi masyarakat menjaga harapan untuk kondisi yang lebih baik. Harapan sekecil apapun penting, karena akan menjadi pendorong bagi gerak yang lebih baik di masa yang akan datang. Harapan akan memastikan bahwa setiap individu masih mau berbuat untuk kondisi yang lebih baik lagi. Kalau ia pelaku ekonomi, maka dia akan tetap menjaga dan berusaha agar tetap bisa bangkit dan keluar dari keterpurukan ekonomi saat ini. Sedangkan dalam dunia pendidikan, harapan yang dibangun akan selalu menjadikan dirinya tidak pernah putus asa untuk memberikan proses pembelajaran yang terbaik bagi peserta didiknya.

Harapan-harapan seperti ini perlu dijaga dan senantiasa dimunculkan dalam setiap diri masyarakat yang hidup di saat pandemi seperti saat ini. Harapan akan menggerakkan semangat dari masing-masing untuk terus bergerak dan meyakini bahwa kondisi ini tidak akan pernah selamanya begini. Ini hanyalah episode kehidupan yang akan berakhir pada waktu yang memang harus berakhir. Sabar dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan akan memberikan energi positif kepada lingkungan sekitarnya.

Harapan menjadi penyemangat bagi seorang ayah yang setiap pagi terus berusaha untuk menafkahi keluarganya. Ibu di tengah kesibukannya tidak mengeluh dalam mendampingi anaknya belajar. Seorang gurupun akan selalu tersenyum setiap paginya saat menyiapkan materi-materi belajar yang kreatif untuk para siswanya dalam belajar daring. Seorang anak akan bersemangat belajar, meyakini bahwa suatu saat nanti akan bisa belajar bersama dengan teman-temannya, bermain sambil berlarian di halaman sekolah, tertawa dan bersenda gurau dalam suasana penuh kegembiraan. Jajan di kantin, belajar bersama dan sibuk dengan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang menjadi hobi dan memupuk semangat belajar mereka.

Berita Lainnya

TWK KPK, Menguji atau Diskriminasi?

1 dari 259

Menjalani tahun 2021 ini haruslah diawali dengan harapan-harapan yang baik. Apapun yang terjadi di masa yang akan datang adalah peristiwa yang kita pun tidak pernah tahu akan berakhirnya kapan. Sekarang tugas bagi setiap individu adalah menularkan semangat dan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Melakukan yang terbaik hari ini adalah upaya untuk menyiapkan masa depan. Berbuat yang terbaik dan tidak mengeluh dengan segala kesulitan yang dihadapi saat ini adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar berbagai harapan yang kita inginkan dapat terwujud di tahun 2021 ini.

Harapan ibarat cahaya terang yang terlihat jauh. Meskipun cahayanya kecil, tetapi itu penting. Dalam gelapnya malam, kita tahu bahwa ada cahaya yang harus kita tuju. Harapan menjadi penyemangat bagi kita untuk bergerak kepada satu titik cahaya, sehingga gelapnya jalan saat ini bisa berganti dengan terangnya cahaya. Walau itu jauh haruslah tetap kita perjuangkan. Berhenti digelapnya malam hanya akan memutus kemungkinan untuk menjadi lebih baik lagi. Bergerak mencapai cahaya adalah cara terbaik untuk mendapatkan yang diinginkan. Berdiam artinya menunggu diri terlindas oleh kegelapan.

Oleh sebab itu, memasuki kehidupan di tahun 2021 yang serba tidak pasti ini, maka cara terbaik adalah tetap memelihara harapan itu. Individu yang masih memiliki harapan untuk masa yang akan datang akan melakukan semua ini dengan cara yang terbaik pula. Sekecil apapun harapan yang ada dalam diri, haruslah tetap di jaga. Sehingga meskipun pandemi ini belum berakhir, maka ia tidak boleh menghentikan kebiasaan baik kita sebagai manusia. Sebagai keluarga, sebagai orang tua, sebagai guru bagi para siswa kita, sebagai anak bagi orang tua, dan sebagai warga bagi bangsa yang besar ini.

Semoga saja tahun ini menjadi lebih baik, dengan selalu menjaga harapan yang kita tidak pernah tahu kapan akan terwujudnya. Tugas kita adalah mengupayakan masa depan itu dengan harapan yang lebih baik. Masa depan menjadi rahasia Tuhan, sebagai manusia tugas kita adalah mempersiapkan dengan cara yang terbaik. Meskipun keadaan belum berubah, maka sebagai manusia kita tetaplah melakukan yang terbaik untuk kehidupan ini. Itu tidak boleh berubah, meskipun pandemi ini belum berakhir.

Berbuat baik kepada sesama tetaplah dilakukan. Karena itu tanggung jawab kita sebagai makhluk Tuhan dan manusia yang bemiliki rasa kemanusiaan terhadap sesama. Menebalkan kepedulian sosial, dan memberikan harapan yang baik kepada lingkungan dengan menebarkan energi positif dan tetap memberikan contoh semangat yang luar biasa di tengah kesulitan hidup yang tidak biasa. Wallahu A’lam Bishawab

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya