Pantau Lewat Udara, Gubernur Serahkan Bantuan Rp500 Juta untuk HST

Berita Lainnya

Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme

1 dari 1.314

Banjarbaru, KP – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, bersama Forum Komunimasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel melakukan peninjauan banjir di Kalsel menggunakan helikopter, Selsa (19/1) siang. Berdasarkan pantauan dari udara debit air di Hulusungai Tengah (HST) berangsur turun.
“Alhamdulillah,  hari ini  dilakukan secara gotong royong pembersihan sampah yang memang banyak di daerah terdampak banjir. Penanganan pasca banjir ini harus kita tangani bersama,”  ujarnya.
Di tempat yang sama, Danrem 101/Antasari,  Kolonel (Inf) Firmansyah, memastikan bahwa negara hadir di tengah kondisi bencana alam saat ini. Danrem juga menegaskan perekonomian di Kabupaten HST khususnya di Barabai yang terdampak banjir kini telah normal.
Dapat dikatakan bencana banjir sudah bisa ditangani. Pemerintah akan fokus pada dampak lanjutan dan daerah yang menjadi prioritas.
“Mari jangan saling menyalahkan, karena ini kondisi darurat bagaimana sumber daya yang ada kita berikan bantuan. Jika tidak bisa memberikan minimal sumbang saran dan doa. Doa dibutuhkan disamping aksi yang ada. Mari kita saling mendukung, nanti setelah bencana baru kita evaluasi bersama apa kekurangan sehingga bencana tidak terulang,” ajaknya.
Pada kunjungan ke daerah banjir tersebut rombongan forkopimda menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako , bantuan dari Presiden RI, Joko Widodo, 1 perahu karet dari BNPB, uang tunai Rp500 juta dari Pemprov Kalsel, dan uang tunai Rp500 juta dari BNPB.
Total bantuan uang tunai Rp1 miliar dialokasikan untuk membuat dan memperbaiki rumah yang hilang dan rusak.(mns/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya