Pembelajaran Tatap Muka Terancam Dibatalkan, Ibnu Sina : Kemendikbud Tidak Konsisten

Khawatir, akan terjadi lose learning dan lose generation

BANJARMASIN, KP -Rrencana Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin memulai simulasi pembelajaran tatap muka untuk SD dan SMP terhitung tanggal 11 Januari mendatang terancam batal.

Belakangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI malah menarik untuk memperkenankan sekolah tatap muka tersebut.

Menanggapi itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyebut, kementerian tidak konsiten, bahkan dinilainya plin-plan.

“Masalahnya karena sebelumnya kebijakan pembelajaran tatap muka diserahkan ke pemerintahan daerah. Tapi sekarang malah ditarik lagi ke pusat,” ketusnya, usai mengikuti rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin dengan agenda tutup sidang tahun 2020 dan buka sidang tahun 2021 ke 2021, kepada wartawan Senin sore (4/1) kemarin.

Menurut Ibnu Sina dengan kebijakan itu, maka substansinya pertama pembejalaran tatap muka harus mendapat persetujuan Satgas Covid-19.

Berita Lainnya

Sekda Definitif Terhalang Rekom Gubernur

1 dari 3.557

Persyaratannya, sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka wajib memenuhi persyaratan protokoler kesehatan

Kedua, sebutnya, hasil survei dan riset dari kementerian, pembelajaran jarak jauh atau daring hanya diikuti sekitar 50 persen siswa.

“Karena sudah hampir setahun tidak ada pembejalaran tatap muka di sekolah. Saya khawatir, akan terjadi lose learning dan lose generation,” ujarnya.

Lebih jauh Ibnu Sina menilai dengan tak ada pembelajaran tatap muka, maka sangat berpotensi PHK guru yang ada di sekolah swasta.

Selain itu menurutnya, dari aspek kesehatan sekolah tatap muka hanya diizinkan di kawasan zona hijau dan terkendali. “Sementara jika zona merah, maka sudah pasti pembelajaran tatap muka tak akan buka,” jelasnya.

Meski demikian Walikota Ibnu Sina menegaskan tetap aja mamatuhi kebijakan pemerintah pusat. “Jika memang ada surat resmi dari pusat, kita akan ikut pusat,” tandas Walikota Ibnu Sina. (nid/k-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya