Seribu Lebih Honorer Pemkab HSS Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Kandangan, KP – Terhitung sejak Januari 2021, sebanyak 1.313 tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) telah terdaftar kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Para tenaga honorer itu didaftarkan keanggotaan program jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKm). Hal itu untuk melindungi tenaga honorer, dalam melaksanakan tugas jika terjadi kecelakaan kerja ataupun kematian dalam bertugas.

Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disnakerkop UKMP) Kabupaten HSS bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin menggelar sosialisasi kepada para tenaga honorer tersebut, Selasa (26/1/2021) di Gedung Pramuka Jalan Mawar Kandangan.

Bupati HSS Achmad Fikry membuka sosialisasi itu, ditandai penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 3 perwakilan tenaga honorer.

Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga honorer, merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama Pemkab HSS dengan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 423

“Pemkab sudah menandatangani MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan kepastian jaminan dan perlindungan kerja, baik yang sifatnya kecelakaan kerja maupun meninggal saat melaksanakan tugas, bagi tenaga honorer,” jelas Bupati HSS Achmad Fikry.

Ia mengungkapkan, jika mengalami kecelakaan kerja maupun meninggal saat melaksanakan tugas, maka akan mendapatkan santunan dengan menjadi peserta JKK dan JKm.

Bupati berharap, terjaminnya perlindungan kerja itu dapat diimbangi dengan peningkatan kinerja yang makin baik dari seluruh tenaga honorer.

Sebab tuturnya, Pemkab HSS membutuhkan tenaga honorer dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, sehingga Pemkab HSS wajib melindungi tenaga honorer.

Bupati menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi itu, dan mendoakan dapat berjalan lancar memberikan informasi tentang hak dan kewajiban yang diterima tenaga kontrak lingkup Pemkab HSS.

Kegiatan dihadiri Kepala Disnakerkop UKMP Hendro Martono, Kepala BKPSDM Zulkipli, Kabag Hukum Setda Fitri, dan Kabag Prokopim Setda Ika Aguspiannor. Turut dihadiri 38 orang Sekretaris Badan, Dinas, Kantor dan Kecamatan di lingkup Pemkab HSS. Sedangkan semua tenaga honorer, mengikuti secara daring melalui dari ruang kerja di SOPD nya masing-masing. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya