Usung Tema Indonesia Rukun
Hari Amal Bakti ke-75 Berjalan Dengan Khidmat

Pelaihari, KP – Dengan mengusung tema Indonesia Rukun, Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) berjalan dengan penuh khidmat di halaman kantor Kemenag Kabupaten Tanah Laut (Tala), pada Selasa (5/1/2021).

Bupati Tala HM Sukamta selaku inspektur upacara menyampaikan pidato Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. Menurutnya dengan tema Indonesia Rukun ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju.

“Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia,” ucapnya.

Lebih lanjut toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tidak mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

Diusia Kemenag yang mencapai 75 tahun ini, ia berharap agar berbagai prestasi yang telah dicapai dapat menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat serta motivasi dalam mencapai target yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Berita Lainnya

Jembatan Bailey Hampir Rampung

1 dari 313

“Saya mengajak kita semua, mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun dimasa yang akan datang,” ajaknya.

Menag juga mengingatkan tentang semangat Kemenag baru dalam mengelola Kemenag yang diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang semakin baik, kedua penguatan moderasi beragama dan ketiga persaudaraan.

“Termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pusat pelayanan keagamaan,” katanya.

Dalam kegiatan peringatan HAB ke-75 tersebut juga dilaksanakan beberapa penyerahan piagam penghargaan diantaranya Piagam Penghargaan kepada tiga perusahaan Peduli Pendidikan Keagamaan di Tala, Lima orang Aparatur Sipil Negara berkinerja terbaik tahun 2020, Lomba Humas Award 2020 Kontributor Berita Madrasah Tingkat Kabupaten Tala yang dimenangkan oleh MAN Tala, Juara Lomba Video Pendek Tentang Pelayanan dan Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 yang dimenangkan oleh MAN Tala, Penyerahan Beasiswa kepada anak-anak PTT Kemenag dari DWP Kemenag Tala, Bingkisan untuk PNS Purna Bakti ditahun 2020, Pengumpul UPZ nominal terbanyak tahun 2020 diraih oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tala, Pengumpul UPZ teraktif tahun 2020 diraih oleh kantor Kemenag Tala dan untuk pendukung kebangkitan zakat kategori perorangan yaitu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala Masturi Sulaiman.

Turut berhadir pada acara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tala, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Ahmad Khairin Sekretariat Daerah Tala, Ketua Pengadilan Agama Tala, Kepala Kementerian Agama Tala HM Rusdi Hilmi, Kepala SKPD Lingkup Kabupaten Tala dan para tamu undangan lainnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya