Pemerintah Pastikan Menghapus BLT Pekerja Tahun Ini

Banjarmasin, KP – Pemerintah dipastikan tak melanjutkan program subsidi gaji untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta pada tahun ini. Lantaran, anggaran untuk subsidi upah ini tidak dialokasikan lagi di APBN 2021.

Tahun lalu, Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) pekerja ini diberikan pemerintah guna membantu pekerja anggota BPJS Ketenagakerjaan yang gajinya di bawah Rp 5 juta selama pandemi Covid-19.

“Benar, untuk tahun 2021 subsidi upah ini tidak dilanjutkan. Sesuai dengan APBN yang disahkan kemarin tidak ada alokasi untuk BSU,” ujar Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Kalimantan, Arif Zahari, di Banjarmasin.

Dia menjelaskan, tahun 2020 ada 12 juta pekerja yang menerima bantuan subsidi upah ini, namun tahun ini positif dihentikan.

“Tahun lalu ada sekitar 12 juta penerima BSU yang disalurkan di seluruh Indonesia. Namun, mekanisme seperti tahun lalu dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Jamsostek tidak ada pada tahun 2021 ini,” kata Arif

Berita Lainnya
1 dari 854

BSU yang kadang disebut BLT Jamsostek ini berakhir pada Desember 2020 yang diberikan bagi 12,4 juta pekerja dengan nilai sekitar Rp 2,4 juta per orang.

Kepastian ini, juga disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) alias juru bicara Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari.

“Di APBN 2021 tidak terdapat anggaran (BLT Pekerja) tersebut,” ujarnya, mengutip CNN Indonesia.

Ia juga menambahkan, kebijakan itu diambil pemerintah karena ekonomi dalam negeri yang sempat tertekan corona pada 2020 lalu sudah membaik.

Di samping itu, lanjutnya, tercermin dari pertumbuhan ekonomi dan konsumsi masyarakat yang kian membaik.

Keputusan juga diambil, lantaran pemerintah tahun ini menggelontorkan banyak bantuan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi tekanan ekonomi akibat corona. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya