Rumah Rusak Akibat Banjir dan Longsor Akan Segera Diperbaiki

Pelaihari, KP – Rumah milik warga yang menjadi korban banjir dan bencana longsor akan segera dilakukan perbaikan, hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Perkonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Tala Ir. Akhmad Hairin saat mewakili Bupati Tala HM Sukamta saat menerima Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka Transisi Tanggap Darurat Bencana ke Pemulihan Pasca Bencana di Kantor Kecamatan Bati-Bati, Kamis (11/2/2021).

Akhmad Hairin menjelaskan bahwa rumah warga akan diperbaiki melalui program bedah rumah yang akan dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tala.

“Dari pemerintah daerah kita siapkan bantuan bedah rumah dari DPMD dan DPRKPLH, namun kami juga mengharapkan bantuan bedah rumah atau dana perbaikan rumah dari Pemprov Kalsel,”ungkapnya.

Hairin juga mengharapkan bantuan dari sektor pertanian perkebunan dan peternakan, infrastruktur dan dari segi sosial ekonomi. “Untuk lahan pertanian hampir 17 ribu hektar yang terdampak banjir, kami sangat mengharapkan bantuan benih, pupuk serta obat-obatan karena bantuan dari pemerintah daerah saja tidak cukup. Begitu juga dengan peternakan banyak ayam dan bebek milik warga yang mati karena banjir,”harapnya.

Sementara untuk infrastruktur Akhmad Hairin meminta agar Pemprov Kalsel memperbaiki jalan milik pemprov yang terdampak banjir seperti di Kecamatan Kurau menuju Bumi Makmur dan perbatasan dengan Kabupaten Banjar karena jalan tersebut banyak berlubang akibat banjir.

Berita Lainnya
1 dari 446

“Selain itu pasca bencana ini warga kami juga masih sangat memerlukan bantuan logistik, kami dengan senang hati menerima jika ada bantuan logistik yang datang untuk warga kami. Seperti peralatan mandi, perabot rumah tangga sembako dan perlengkapan lainnya,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Kalsel Rachmah Norlias pun meminta Pemkab Tala agar mengoordinasikan apa saja bantuan yang dibutuhkan oleh Pemkab Tala dalam rangka Transisi Tanggap Darurat Bencana ke Pemulihan Pasca Bencana.

“Mungkin saat ini di Tala masih status tanggap darurat bencana, namun untuk pemulihan pasca bencana apa saja yang dibutuhkan warga dan Pemkab Tala akan kami informasikan kepada instansi terkait di Pemprov Kalsel,”ucapnya.

Lebih lanjut Rachmah mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Pemkab Tala karena telah mau duduk bersama merumuskan persoalan bencana banjir dan tanah longsor yang sekarang terjadi.

“Upaya kita sekarang bukan cuma untuk mengatasi bencana yang sekarang namun juga untuk mengantisipasi kedepannya nanti,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Komisi I DPRD Provinsi Kalsel juga memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada Camat Bati-Bati Aan Norhuda. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya