Abdul Hadi Menanggapi Usulan Perda Habis Magrib Mengaji  

Paringin, KP – Tradisi mengaji dan membaca Al-Qur’an di masjid dan musala setiap habis magrib telah menjadi kebiasaan dan bahkan menjadi budaya umat Islam di Indonesia, termasuk di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Namun seiring perkembangan zaman yang kian maju, membuat kebiasaan dan budaya mengaji dan membaca Al-Qur’an habis magrib mulai ditinggalkan kaum muda dan anak-anak zaman sekarang.

Hal tersebut menjadi sebuah pemikiran pemerintah Kabupaten Balangan dalam merencanakan adanya peraturan daerah terkait mewajibkan mengaji dan membaca Al-Qur’an habis magrib.

Bupati Balangan H. Abdul Hadi mengatakan, pihaknya akan, mengkaji dan mempertimbangkan atas usulan Perda terkait mengaji dan membaca Al-Qur’an habis magrib di Kabupaten Balangan.

“Kita akan melakukan pengkajian dan pertimbangkan, atas masukan tentang usulan Perda habis magrib mengaji dan membaca Al-Qur’an,” ujar Abdul Hadi saat ditemui awak media usai pembuakaan MTQ ke-XIV tingkat Kabupaten Balangan, Jumat (05/03) kemarin.

Berita Lainnya

Disdik Balangan Kembali Usulkan PTM

1 dari 489

Selain itu ia menyampaikan pada nantinya Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemkab Balangan akan melakukan kajian-kajian akademik terkait usulan Perda habis magrib mengaji dan membaca Al-Qur’an, di Kabupaten Balangan.

“Setelah dilakukannya kajian-kajian akademik terkait usulan Perda habis magrib mengaji dan membaca Al-Qur’an, selanjutnya nantinya akan, diusulkan ke DPRD Balangan,” tutur dia.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Balangan, Muhammad Yamani mengatakan, perkembangan media masa pada saat ini telah melahirkan pergeseran nilai kegiatan mengaji di musala dan masjid. Banyak anak-anak sekarang beralih kegiatan dari menonton televisi hingga ke warung internet.

“Untuk menjawab kondisi perubahan dan pergeseran zaman tersebut diperlukan upaya, solusi dan langkah konstruktif untuk menghidupkan dan mengembalikan sebuah teradisi habis magrib mengaji,” sebut dia.

Ia juga mengajak kepada seluruh umat Islam di Balangan, untuk mendukungan kegiatan habis magrib mengaji dan membaca Al-Qur’an. Sebab tanpa dukungan semua pihak tidak akan berjalan baik. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya