Pemkab Bartim Beli GeNose Alat Deteksi Covid – 19

Tamiang Layang ,KP – Pemerintah Kabupaten Barito Timur semakin serius mengendalikan dan penanganan COVID-19 dengan mengadakan alat tes GeNose yang bertujuan untuk pengambilan dan pemeriksaan sampel.

“Kemarin kita sudah mengadakan alat tes cepat antigen. Kini kita mengadakan kembali GeNose agar cepat mendeteksi dalam tracking atau pelacakan COVID-19 di Bartim,” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Minggu ( 21/3 )

Menurutnya, dalan penangan COVID-19 ada tes, tracking (pelacakan) dan treatment (perawatan). Pengadaan alat GeNose sebagai penguatan dalam penagnan COVID-19 pada tes dan pelacakan.

Tes untuk mengetahui apakah ada positif atau tidak. Jika positif maka akan dilakukan pelacakan untuk mengetahui apakah ada penularan. Dalam kasus ini akan dilakukan tes dan pelacakan lagi sebagai upaya memutus penyebaran COVID-19.

Setelah terdeteksi positif baik dari hasil tes dan pelacakan, maka akan dilanjutkan dengan perawatan yakni perawatan isolasi, baik di rujuk ke RSUD Tamiang Layang atau ruang perawatan isolasi.

Berita Lainnya
1 dari 130

“GeNose yang sudah dipesan Dinas Kesehatan Bartim sebanyak 15 unit dengan harga satuan berkisar Rp75 juta per unit,” kata Ampera.

GeNose akan ditempat di beberapa lokasi atau tempat pelayanan publik, dengan tujuan pelayanan bisa fungsional dan seiring itu juga upaya pengendalian penularan COVID-19 tetap terlaksana.

Untuk menggunakan GeNose cukup mudah, seseorang cukup mengembuskan napas ke tabung khusus. Sensor-sensor dalam tabung alat tersebut mengidentifikasi virus corona dengan mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC).

Data yang diperoleh dari embusan napas, diolah dengan bantuan kecerdasan buatan hingga memunculkan hasil dengan akurasi mencapai 97 persen dalam waktu deteksi sekitar dua menit, sehingga diketahui apakah seseorang positif atau negatif COVID-19.

“Setelah GeNose tiba maka akan dilakuan pelatihan kepada beberapa tenaga kesehatan berkaitan tata cara penggunakan kedua alat deteksi COVID-19 tersebut, sehingga bisa maksimal dalam upaya mengendalikan dan memutus penyebaran COVID-19,” demikian Ampera. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya