Produksi Jagung Hibrida Penuhi Setengah Kebutuhan 2 Pabrik

Pelaihari, KP – Panen Raya Jagung Hibrida (JH37) di Desa Gunung Melati, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Selasa (2/3).

Diawali pemotongan tumpeng oleh Bupati Tala, Sukamta dan Pajabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalse), Safrizal ZA.

Safrizal ZA mengucapkan syukur atas berlimpahnya hasil produksi tani di daerah Kalsel.

Selain jagung yang memang pertaniannya berpusat di Tala, ada juga produksi padi yang hasil panennya surplus sekitar 1,5 juta ton.

Ia juga mengharapkan ke depan harga bibit jagung dapat bersaing harga dengan benih yang diimpor dari luar negeri, sebab bibit ini merupakan hasil produksi lokal dan bersifat adaptif.

“Bibit jagung hibrida JH37 jenis Katuju ini imun terhadap perubahan cuaca, berbeda dengan bibit impor yang tidak mampu menghadapi perubahan cuaca. Bibit ini hebat,” ujar Safrizal.

Benih jagung hibrida JH37 yang dipanen hasil produksi 3 kelompok tani di Kabupaten Tala.

“Panen yang kita laksanakan hari ini, benihnya diproduksi oleh kelompok Tirta Jaya dari Kecamatan Bajuin, Desa Benua Langsat, serta Desa Telaga Lawas dari Kecamatan Tangkisung,” tambah Bupati Tala, Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 714

Ia menyebutkan harga jual jagung Katuju Rp6 ribu per tongkol dan Rp20 ribu untuk jagung pipil dengan kadar air 15.

Hasil produksi jagung hibrida sendiri mampu penuhi 50 persen kebutuhan produksi pada 2 pabrik pakan ternak yang ada di Tala.

Ke depan diharapkan hasil pertanian di Tala bisa memenuhi kebutuhan kabupaten lain di Kalsel, sehingga tidak perlu lagi mendatangkan dari daerah lain.

Hadir juga dalam panen jagung kali ini, Direktur Perbenihan sebagai perwakilan dari Kementrian Pertanian, Pejabat Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel maupun Pemkab Tala serta segenap unsur.

Jagung Hibrida adalah jenis jagung yang diperoleh dari persilangan antara 2 atau lebih yang sifatnya adalah heterozygot dan homogen. Jenis jagung hibrida merupakan jenis jagung yang dibudidaya untuk kapasitas besar. Tanaman pangan ini biasanya dikirim ke perusahaan-perusahaan pengolah makanan dan pakan ternak. Jagung hibrida sendiri sudah banyak memiliki varietas, sudah banyak kita jumpai di pasar atau toko pertanian menjual bibit jagung hibrida dengan berbagai merk.

Banyaknya jenis jagung hibrida yang beredar di pasar, tentunya ini memberikan kemudahan bagi para petani untuk memilih jenis jagung yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih bibit sebaiknya harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat, karena langkah awal ini akan sangat menentukan keberhasilan anda dalam menanam jagung.

Baca dengan benar tanggal kadaluarsa yang ada dikemasan benih, pilih yang kadaluarsanya masih lama. Daya tumbuh benih sangat dipengaruhi oleh lamanya bibit tersebut disimpan, semakin lama maka daya tumbuhnya akan semakin kecil. Jadi carilah yang waktu expirednya masih lama.

Selain masa kadaluarsa, tentunya anda harus mencari tahu karakteristik dari tanaman jagung tersebut, seperti apa tumbuhnya, ketahanan terhadap hama, keseragaman ukuran biji, tidak ada kutu / hama gudang, dan masa panennya. (mns/net/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya