Sekda Kalteng: Renja 2022 untuk Pulihkan Ekonomi dan Reformasi Struktural

Palangka Raya, KP – Sekretaris Daerah (Sekda) Fahrizal Fitri membuka dan memimpin Forum Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2021 secara daring melalui konferensi video, di Palangka Raya, Selasa (16/3/2021).

Sekda Kalteng di Ruang Rapat Bajakah, didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekobang) Nurul Edy serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) Yuren S. Bahat.R

Rapat selama 3 hari, 16-18 Maret 2021, berlangsung secara daring melalui konferensi video dan diikuti oleh para peserta dari tempatnya masing-masing. Adapun peserta forum ini, di antaranya Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, serta Kepala Bappeda Kabupaten/Kota dan Kepala Dinas terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota se-Kalteng.

Pertemuan itu “untuk bersama-sama melakukan pembahasan dan sinkronisasi usulan program kegiatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022,” ungkap Sekda Fahrizal Fitri.

Hasil Forum Perangkat Daerah ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi tahun 2022 dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Provinsi menjadi rancangan RKPD Provinsi, sebagai bahan klarifikasi dalam Musrenbang Provinsi, jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 527

Ia menegaskan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 harus mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2005-2025 dan mempedomani rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022 yang mengusung tema pembangunan ”Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Dikatakan untuk mewujudkan perencanaan yang efisien dan tepat sasaran, dibutuhkan pendekatan secara Holistik-Tematik, Integratif, dan Spasial, serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follows program.

“Dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekadar karena tugas dan fungsi Perangkat Daerah,” ungkap Sekda.

Sebelumnya, Kepala Bappedalitbang Yuren S. Bahat dalam laporannya menyampaikan output yang ingin dihasilkan dalam forum ini, antara lain, pertama tersusunnya program dan kegiatan strategis serta target dan lokasi kegiatan strategis di Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Kalteng dalam pencapaian target pembangunan provinsi tahun 2022.

Kedua agar terwujudnya komitmen daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) dalam mendukung pencapaian program prioritas Provinsi tahun 2022; dan ketiga tersusunnya Daftar Usulan Prioritas Provinsi tahun 2022. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya