Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Bupati Targetkan 50 TPS Untuk Penanganan Sampah

×

Bupati Targetkan 50 TPS Untuk Penanganan Sampah

Sebarkan artikel ini
KEBERADAAN TPS - Bupati Saidi Mansyur saat rakor soroti keberadaan TPS kunci penanganan sampah. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Rapat Koordinasi Mingguan Pemkab Banjar kembali digelar, dipimpin Sekdakab HM Hilman dan dihadiri Bupati Saidi Mansyur, para Kepala SKPD dan Camat serta Pimpinan Perusda, di Aula Barakat Martapura, Senin (5/4/).

Rakor ini diantaranya membahas permasalahan sampah di Kabupaten Banjar. Bupati Saidi Mansyur dalam arahannya mengatakan, misinya ada target 50 TPS untuk penanganan sampah.

Android

“Ada poin penting dalam pembangunan, yaitu masalah sampah, di dalam misi kita ada target 50 TPS dalam penanganan sampah, itu menjadi perhatian kita, khususnya Dinas terkait (Dinas Lingkungan Hidup),” tandasnya.

Menurutnya, untuk penanganan sampah, perlu kerjasama seluruh SKPD terkait, termasuk para Camat. Perlu dilakukan rapat khusus terkait lahan untuk pembuangan sampah dan target kita di RPJMD harus ada TPS nya.

”Bagaimanapun caranya harus ada TPS, karena disitulah solusi terbaik untuk penanganan sampah, terutama di daerah Kertak Hanyar dan Gambut,” tambah Bupati.

Ditambahkan Saidi, Asisten II akan menjadi koordinator penanganan sampah, untuk penanganan jangka panjang perlu pengadaan lahan, sedang untuk jangka pendek pembelian truk sampah sebanyak 5 buah.

”Pengadaan truk sampah dipercepat dan siap dibangun TPS sementara di lahan gambut baru,” katanya.

Pada Rakor tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) juga menyampaikan terkait progress rapat pilkades. Sementara Dinas Kesehatan menyampaikan sudah melaksanakan vaksin tahap pertama dan kedua di Kabupaten Banjar, ini berjalan sesuai rencana.

Adapun kasus Covid-19 sampai saat ini sebanyak 1969 orang dengan tingkat kematian 2,7 %, sedang pasien yang masih dirawat 255 orang. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Bupati Apresiasi Peserta Lokakarya Disdik Banjar
Iklan