Cukup Sehari, Perbaikan Data Kependudukan Sudah Selesai

Amuntai, KP – Dalam upaya mempermudah masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) khusus yang jauh dari perkotaan tidak perlu khawatir menunggu proses lama dalam memperbaiki data kependudukan yang hanya selesai dalam satu hari.

Kini Pengadilan Negeri Amuntai melakukan sinergi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) HSU meningkatkan pelayanan pembuatan pencatatan sipil dengan memberikan program kemudahan bagi masyarakat HSU.

Integrasi pelayanan antar instansi dilakukan dengan penandantanganan Perjanjian Kerja Sama, belum lama tadi dengan meningkatkan pelayanan Penyediaan layanan tuntung sehari  dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Berita Lainnya

Lensa Foto HSU

1 dari 355

Kerja sama ini merupakan upaya kemudahan akses bagi masyarakat terutama kepada masyarakat di daerah terluar tanpa harus datang ke Pengadilan Negeri dan mendekatkan masyarakat dengan Pengadilan. Kerjasama ini akan mempercepat dan menekan biaya proses permohonan yang diajukan terhadap perbaikan identitas pada dokumen kependudukan.

Guna dapat memanfaatkan program ini, masyarakat dapat melakukan pendaftaran pada Dinas Dukcapil dan selanjutnya akan dilakukan kordinasi dengan Pengadilan Negeri untuk menentukan jadwal sidang. Proses peridangan dan perbaikan dokumen kependudukan tersebut nantinya akan dilaksanakan dalam waktu 1 hari dimana Pengadilan Negeri Amuntai dan Disdukcapil datang langsung ke tempat tinggal masyarakat tersebut.

Pada kesempatan itu, Plt Kepala Disdukcatpil HSU Hj. Ida Rimaliana, SE, MAP, sangat menyambut baik kerja sama ini dengan harapan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk kita sebagai instansi untuk mendekatkan diri ke masyarakat dan mengetahui apa yang menjadi kendala.

Selanjutnya kegiatan penandantanganan perjanjian kerja sama tersebut akan disampaikan kepada para stakeholder dan masyarakat agar dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat HSU, lanjutnya. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya