Lantik 8 Petugas Baru untuk Jalankan PSU Pilwali

Banjarmasin, KP – Sesuai dengan putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin melantik PPK dan PPS untuk menjalankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati Wahdah menjelaskan 5 orang PPK dan 9 orang PPS untuk menjalankan PSU di tiga kelurahan.

“Jadi totalnya ada 14 petugas yang kita lantik hari ini,” ucapnya saat ditemui awak media usai kegiatan pelantikan tersebut di aula gedung KPU Kota Banjarmasin, Sabtu (10/04) siang.

Tiga Kelurahan yang dimaksud wanita dengan sapaan Rahmi itu adalah Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya dan Kelurahan Basirih Selatan. Seluruh TPS yang ada di wilayah itu wajib melaksanakan PSU.

Menurut Rahmi, usai dilantik, 14 orang petugas yang menjadi perpanjangan tangan KPU di wilayah PSU tersebut akan menjalani bimbingan teknis (bimtek) untuk bekal mereka dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pelaksana PSU.

Berita Lainnya
1 dari 3.193

“Usai dilantik mereka akan diberi wejangan selama dua hari tentang bagaimana tata kerja sebagai badan adhoc kita di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Bagi PPS, ia menambahkan, akan diberi tugas untuk mencari 720 orang KPPS yang baru. Namun untuk pengamanan TPS masih orang lama.

“Tanggal 19 mulai bekerja mencari adhoc. Sudah ada jadwalnya. Jadi PPS nantinya berkoordinasi dengan ketua RT untuk mencarikan petugas dalam menjalankan tugasnya sebagai pelaksana PSU,” jelas Rahmi.

Untuk seluruh badan adhoc yang mendaftar itu nantinya akan diupload ke website resmi KPU Kota Banjarmasin agar bisa dievaluasi oleh masyarakat.

“Supaya bisa diawasi oleh masyarakat kalau memang masih ada orang yang lama. Dan semua harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang sudah kita tentukan,” tegasnya.

Ia menuturkan, seluruh petugas yang dilantik hari ini akan bekerja selama satu bulan atau sampai proses pelaksanaan PSU selesai.

“Masa kerjanya sampai selesai pada tanggal 28 April ini. Jadi hanya untuk pelaksanaan Pilwali,” pungkas Rahmi. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya