Mansyah Sabri Buka Forum Konsultasi Publik Penyusunan RPJMD HST Tahun 2021-2026

Barabai, KP – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah ( Bappelitbamgda) menggelar Forum  Konsultasi Publik (FKP) RPJMD Kabupaten HST tahun 2021-2026 dibuka Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri secara  Virtual Meeting Zoom Cloud Meeting. bertempat di Aula Bappelitbangda Kab HST Lantai 2, Kamis (8/4/2021).

Kepala Bappelitbangda, H Ahmad Syahriani Effendi, selaku panitia penyelenggara menyampaikan tujuan dari forum konsultasi publik untuk mendapatkan masukan dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD HST 2021-2026.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini ada kesepakatan terhadap rancangan awal RKPD tahun 2021-2026.

Kesepakatan yang diharapkan berupa pemasalahan strategis daerah, isu-isu strategis daerah, tema pembangunan daerah, dan kebijakan prioritas pembangunan daerah.

Mengakhiri laporannya, Syahriani mengungkapkan, mengingat situasi dan kondisi Pandemi COVID-19, pelaksanaan  Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun ini dilakukan dengan 2 cara melalui physical Meeting dan Virtual Meeting Zoom Cloud Meeting.Sedangkan peserta 80 orang ( Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi, Lembaga Agama, Organisasidan LSM) di Kabupaten HST.

Berita Lainnya
1 dari 461

Sementara itu Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri dalam sambutannya menyampaikan

Forum Konsultasi Publik ini merupakan momen yang sangat strategis karena melalui forum ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah daerah untuk menjaring, mendengarkan dan menyerap aspirasi seluruh komponen masyarakat khususnya terkait kebijakan kebijakan pembangunan untuk lima tahun yang akan datang sampai dengan tahun 2026.

Mansyah Sabri mengingatkan penyusunan RPJMD merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Dokumen RPJMD merupakan dokumen perencanaan 5 (lima) tahunan. sebagai dokumen perencanaan jangka menengah, RPJMD Kabupaten HST Tahun 2021-2026 memuat visi, misi, dan program Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang selanjutnya dijabarkan ke dalam arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum dan program prioritas jangka menengah daerah. Selanjutnya akan dijadikan Pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan, baik itu Pemerintah, Pemerintah Daerah, Masyarakat, maupun dunia usaha dalam mewujudkan visi dan misi RPJMD Kabupaten HST Tahun 2021-2026 secara sinergis, koordinatif dan saling melengkapi. RPJMD akan dijabarkan setiap tahunnya ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD, dan menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah atau Renstra SKPD.

Mansyah Sabri mengharapkan partisipasi akrif dari seluruh peserta dalam memberikan masukan untuk kesempurnaan kebijakan terhadap RPJMD sehingga membuahkan hasil yang maksimal dalam upaya menghantarkan masyarakat kepada kehidupan yangvlebih baik.

Acara juga diisi penyampaian materi oleh Kepala Bappelitbangda HST, H Ahmad Syahriani Effendi dan Diskusi peserta diakhiri dengan penanda tanganan berita acara Forum  Konsultasi Publik (FKP) RPJMD HST Tahun 2021.

Visi Terwujudnya Hulu Sungai Tengah Lebih Makmur, Unggul dan Dinamis,” ungkapnya. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya