Musrenbang RKPD 2022 Secara Virtual Dibuka

Barabai, KP – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten HST 2022, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) HST melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) secara virtual menggunakan video conference.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi yang diwakili Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Ainur Rafiq di Auditorium Kantor Bupati Hulu Sungai Tengah, Rabu (31/3/2021).

Kepala Bappelitbangda HST, H Ahmad Syahriani Effendi dalam laporannya mengatakan, tujuan dari Musrenbang adalah mendapatkan masukan dalam rangka penyempurnaan Rancangan RPKD HST Tahun 2022.

Selain itu juga guna mendapatkan rincian awal rancangan program dan kegiatan perangkat daerah Tahun 2022 khususnya yang berhubungan dengan pembangunan.

“Adapun hasil yang diharapkan adalah adanya kesepakatan terhadap prioritas pembangunan dan sasaran prioritas pembangunan, kesepakatan program dan kegiatan prioritas serta indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan serta masukan untuk penyempurnaan rancangan rencana kerja pemerintah daerah tahun mendatang,” katanya.

Dikatakannya, narasumber adalah Wakil Ketua DPRD, tentang pokok -pokok pikiran DPRD terhadap arah pembangunan tahun 2022 dan Bappeda Provinsi Kalsel tentang arah kebijakan pembangunan Provinsi Kalsel Tahun 2022.

Mengakhiri laporannya, Syahriani mengungkapkan, mengingat situasi dan kondisi Pandemi COVID-19, pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun ini dilakukan dengan 2 cara melalui pertemuan fisik terbatas  dan Video Conference.

Berita Lainnya
1 dari 461

Sedangkan pesertanya adalah semua SKPD serta sebelas kecamatan yang ada di Kab HST, Sekda HST, Perwakilan Perguruan Tinggi, Perwakilan Asosiasi Pembakal dan Asosiasi BPD, LSM, Ormas/Organisasi Keagamaan /OKP Instansi Vertikal.

Bupati HST H Aulia Oktafiandi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Ainur Rafiq mengatakan musrenbang pad tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena RKMD yang akan disusun harus mampu mengimplementasi RPJMD baru periode dalam rangka mewujudkan Hulu Sungai Tengah yang lebih Makmur, Ungguk dan Dinamis.

Aulia mengajak membuka dan mencermati beberapa permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kabupaten kita ini, untuk dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan.

Aulia mengatakan tema pembangunan Kabupaten tahun 2022 adalah Pemulihan Perekonomian Daerah dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya Aulia  berharap Perangkat Daerah agar lebih fokus pada menyusunan program prioritas untuk menangani permasalahan daerah dan sasaran pembangunan RPJMD yang belum tercapai.

Yakni dengan cara menyusun rencana kerja dengan cepat, cermat dan tepat, menyeleraskan seluruh rencana pembangunan baik dari RPJMD, Renstra PD maupun usulan pembangunan dari masyarakat terhadap kemampuan keuangan daerah.

Acara juga diisi Diskusi peserta Video Conference dipandu Asisten III, diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Musrenbang RKPD HST Tahun 2022. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya