Pembenihan Ikan di Balangan Terus Dilakukan

Paringin, KP – Kabupaten Balangan, memiliki keunggulan dalam melakukan pembenihan bibit ikan yang dilakukan oleh unit pembenihan rakyat (UPR) binaan dari Dinas Perikanan (Distan) Kabupaten Balangan.

Kepala Dinas Perikanan Balangan, Rudy Firmansyah mengungkapkan, lokasi budi daya ikan terbagi menjadi tiga, yaitu ada wilayah atas, tengah, dan bawah.

“Untuk wilayah atas itu sering menjadi tempat pembenihan, sedangkan wilayah tengah menjadi lokasi untuk pemeliharaan,” ujar Rudy diruang kerjanya, Rabu (14/04/2021).

Selain itu, kalau melihat potensi dari Kabupaten Balangan, daerah atas atau daerah pegunungan yang air sungainya mengalir dan bersih, maka dalam konsep perikanan areal tersebut bagus untuk dijadikan tempat pembenihan bibit ikan.

Berita Lainnya
1 dari 448

“Maka dari itu, potensi daerah atas kita sangat bagus, kegiatan kita adalah mengolah UPR yang tujuannya masyarakat yang ada di daerah atas yang memiliki potensi-potensi air yang mengalir kita suruh untuk membuat kolam untuk pembenihan ikan dengan bekerjasama dengan Dinas Perikanan,” ujarnya. 

Sampai saat ini, Kabupaten Balangan telah memiliki tiga unit pembenihan rakyat yang masing-masing terletak di Desa Baramban, Kecamatan Awayan, Desa Gunung Manau, Kecamatan Halong, dan Desa Sumber Rezeki Kecamatan Juai. Tugas dari UPR tadi adalah melakukan pembenihan ikan, serta di sisi lain juga potensi perikanan kita ada lagi yaitu dari hasil produksi keramba di sungai.

“Untuk kebutuhan ikan di tempat kita sampai saat ini selalu tercukupi dari hasil produksi kita di keramba dengan jenis dominan seperti nila, mas, dan patin,” terang dia.

Tidak hanya unggul dalam sektor pembenihan dan juga hasil produksi keramba ikan, pemasaran hasil ikan asal Kabupaten Balangan pun hingga saat ini sudah dikirimkan ke luar Balangan, yaitu ke Kalimantan Tengah, dan juga Grogot Kalimantan Timur. (rls/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya