Penjualan Kurma Meningkat Jelang Ramadhan

Banjarmasin, KP  – Seperti biasanya, mendekati datangnya bulan suci Ramadhan, permintaan kurma akan semakin tinggi. Wajar, mengingat buah asal Timur Tengah ini sangat diminati, lantaran sering dijadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Demikian pula di Banjarmasin, banyaknya permintaan kurma di masyarakat membuat pedagang kurma mendatangkan aneka kurma dalam jumlah besar setiap jelang Ramadhan. Tak hanya pedagang besar, pedagang kurma dadakan pun mulai bermunculan dengan berjualan di pasar-pasar hingga kios dan lapak-lapak kecil di tepi jalan.

Ada beragam kurma yang ditawarkan mereka, contohnya kurma dari Tunisia, dari Madinah, kurma Iran hingga kurma Mesir dan Amerika. Harganya pun bervariasi tergantung jenisnya, mulai kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per kilogram.

Razi, salah seorang pedagang kurma di kawasan Pasar Sudimampir menuturkan, dalam beberapa hari ini masyarakat mulai banyak yang membeli kurma, baik secara eceran hingga pembelian dalam jumlah banyak.

“Dibandingkan tahun lalu, Ramadhan 2021 ini penjualan kurma lebih meningkat. Mungkin, dengan adanya rencana sejumlah masjid atau musala di Banjarmasin yang menggelar buka puasa bersama dan salat tarawih. Jadi cukup banyak yang mencari, terutama para panitia masjid yang membeli kurma sebagai persiapan buka puasa bersama nanti,” ungkapnya, Senin (5/4/2021).

Berita Lainnya
1 dari 854

Dikatakan Razi, setiap harinya hampir puluhan orang yang datang untuk membeli buah bercitarasa manis dan legit tersebut.

“Untuk kurma biasa, misalnya kurma merk Palm Frutt, Kholas Sa’ad dan Golden Valey mulai harga Rp 40 ribu sampai Rp 80 ribu perkilogram. Sedangkan kurma dengan kualitas yang lebih tinggi seperti kurma jenis Azwa Madinah dan Medzo Palestina bekisar Rp 250 ribuan ke atas perkilonya,” bebernya.

Lain lagi dengan Faisal, yang memilih berdagang kurma hanya di rumah saja melalui online. Tak perlu tempat khusus untuk berjualan, ia hanya memposting dan mempromosikan kurma yang dijualnya melalui media sosial miliknya.

“Saya banyak jual kurma jenis Sukari dan Barari, karena itu cukup banyak peminatnya. Selain harganya cukup murah, kualitasnya pun cukup bagus,” jelasnya.

Ia menambahkan, kurma yang dijualnya sudah terbungkus rapi dalam kemasan kotak isi 250 gram dan 500 gram. Rata-rata harganya berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu.

“Alhamdulillah, cukup banyak pembeli yang order melalui media online. Dalam sehari bisa terjual sampai puluhan kotak kemasan 250 gram dan 500 gram. Mudah-mudahan, semakin banyak laku terjual hingga lebaran nanti,” ujarnya berharap. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya