Hj Rachmah Tawarkan Pelatihan Keterampilan

Banjarmasin, KP – Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias menawarkan pelatihan keterampilan kepada ibu-ibu di Komplek Andai Jaya Persada agar bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Jadi para ibu bisa mendapatkan keterampilan yang diperlukan untuk keluarga,” kata Hj Rachmah saat reses di Komplek Andai Jaya Persada RT 33, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Minggu (2/5/2021), di Banjarmasin.

Diantaranya, pelatihan untuk membuat telur asin, terang bulan mini dan kue kering, termasuk pertamanan untuk merawat tanaman pekarang yang bermanfaat bagi keluarga.

“Silakan mengajukan pelatihan apa pada saat kegiatan yang dilakukan warga, seperti dasa wisma dan lainnya,” tambah politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Ditambahkan, pelatihan semacam ini bisa digunakan untuk diri sendiri atau keluarga, bahkan bisa dijadikan usaha untuk menambah penghasilan keluarga. “Kita menginginkan agar kaum perempuan bisa terampil dan mandiri,” ujar Hj Rachmah.

Berita Lainnya
1 dari 853

Diungkapkan, pelatihan semacam ini bisa diusulkan melalui ketua RT, dan dirinya sebagai wakil rakyat akan membantu menyediakan pelatih atau narasumber untuk kegiatan tersebut.

“Ini dilakukan sebagai bagian amanah untuk membantu memperbaiki kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan kemampuan,” katanya.

Selain itu, warga mengeluhkan pendidikan selama pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun, karena anak tidak fokus belajar dan lebih banyak bermain gadget, daripada menambah pengetahuannya.

“Kita juga prihatin masalah ini, dan mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berakhir,” ungkap wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel I, yakni Kota Banjarmasin.

Untuk itu, warga bisa membangun sarana permainan anak di fasilitas umum yang ada, seperti yang digagas warga di Gang Pendamai, Kelurahan Teluk Tiram yang membangun Kampung Permainan Tradisional. “Jadi anak merasa seru bermain di luar sekaligus mengenalkan permainan tradisional,” ujarnya.

Sedangkan mengenai masalah jalan yang rusak maupun drainase yang kurang mendukung, menurut Hj Rachmah, akan disampaikan ke instansi terkait sesuai dengan kewenangannya. “Kalau itu kewenangan Pemko Banjarmasin, akan disampaikan secara tertulis kepada pemerintah setempat, sedangkan yang menjadi kewenangan provinsi akan disampaikan melalui komisi yang membidanginya,” jelas Hj Rachmah. (lyn)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya