Meski Tak Capai Target, KPU Lega Partisipasi Pemilih PSU Naik

Jika pada 9 Desember lalu cuma 51 persen, pada PSU ini partisipasi pemilih mencapai 62 persen. Peningkatannya hampir 10 persen

BANJARMASIN, KP – Pasca pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menyatakan tingkat partisipasi pemilih meningkat dibanding Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 lalu.

Hal itu ditegaskan oleh Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Divisi Sosialisasi Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Taufiqqurakhman, disela proses rekapitulasi perhitungan suara hasil PSU tingkat kecamatan Banjarmasin Selatan, Sabtu (30/4) dini hari.

“Jika pada 9 Desember lalu cuma 51 persen, pada PSU ini partisipasi pemilih mencapai 62 persen. Peningkatannya hampir 10 persen,” ucap pria yang akrab disapa Taufik itu.

Peningkatan tersebut dinilai Taufik sebagai suatu hal yang positif. Meningkatnya partisipasi pemilih mengindikasikan kesadaran masyarakat akan pentingnya memberikan hak suara dalam pelaksanaan pilkada.

“Tentunya ini berita bagus, masyarakat sudah semakin banyak yang memiliki kesadaran menggunakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpin di Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.744

Kendati demikian, Taufik mengakui angka tersebut masih belum memenuhi target capaian yang dicanangkan KPU Kota Banjarmasin.

Dimana, awalnya KPU Banjarmasin menarget partisipasi pemilih mencapai 75 persen, sama seperti target pada pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu.

“Nyatanya pemilih di 3 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan hanya mencapai 51 persen. Sedangkan capaian partisipasi untuk seluruh Kota Banjarmasin hanya mencapai 57 persen lebih,” imbuhnya.

Padahal, menurut Taufik pihaknya sudah semaksimal mungkin melakukan sosialisasi PSU bersama stakeholder terkait, untuk meningkatkan pemilih agar bisa memberikan hak suaranya di ajang PSU tersebut.

Untuk itu, Taufik berjanji pihaknya akan terus melakukan evaluasi dengan melakukan sosialisasi tatap muka dengan tokoh masyarakat, melalui baliho spanduk, brosur, poster hingga media sosial untuk meningkatkan partisipasi pemilih jelang pelaksanaan PSU tingkat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 9 Juni 2021 mendatang.

“Karena pada 9 Juni nanti ada PSU pilgub lagi, mudah-mudahan nanti lebih tinggi lagi partisipasi masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Selatan,” pungkasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya