Cuaca Panas, Penjualan Buah Segar Meningkat

Banjarmasin, KP – Teriknya matahari mengakibatkan cuaca di Banjarmasin beberapa minggu terakhir ini cenderung panas. Kondisi tersebut ternyata menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang buah-buahan.

Pasalnya, dengan kondisi panas menyengat tersebut membuat sejumlah warga banyak memilih untuk mengkonsumsi buah-buahan sebagai pelepas dahaga. Sejumlah pedagang buah-buahan pun mengalami peningkatan penjualan dibandingkan hari-hari biasanya.

Seperti yang diakui Yadi, pedagang buah di kawasan Jalan Sultan Adam, Banjarmasin. Menurutnya, beberapa minggu belakangan ini ada peningkatan penjualan dari buah-buah yang dijualnya, terutama jenis buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, anggur, pear, jeruk, apel, buah naga dan beberapa buah segar lainnya.

“Beberapa minggu ini cuaca di Banjarmasin memang lumayan panas. Makanya, banyak orang suka makan buah-buahan segar yang banyak mengandung airnya untuk melepas rasa haus,” ujarnya, Minggu (13/6/2021).

Menurutnya, saat ini buah yang paling laris dijual adalah semangka, jeruk, pear dan anggur, lantaran banyak mengandung air dan rasanya yang segar.

“Semangka cukup banyak peminatnya. Kandungan airnya cukup banyak dan rasanya juga manis. Harganya saya jual Rp 8 ribu per kilogram,” jelas Yadi.

Ia menambahkan, buah semangka diambilnya dari daerah Asam-asam, Jorong Tanah Laut, karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan dari Pelaihari atau beberapa daerah penghasil semangka lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 863

“Kalau dari Pelaihari ukurannya lebih kecil, karena banyak petani yang memanen lebih cepat. Kabarnya sih, di daerah sana petani sering kehilangan semangka. Makanya, ukuran masih kecil-kecil sudah dipanen,” bebernya.

Buah lainnya, yang paling dicari adalah pear. Selain banyak kandungan airnya, buah yang satu ini juga banyak seratnya.

“Harganya bervariasi, tergantung jenis buah pirnya. Kalau jenis sweet pear harganya saya jual Rp 25 ribu per kilo. Ada juga jenis pear jambu agak mahalan, Rp 50 ribu per kilo,” terangnya lagi.

Sedangkan, untuk buah anggur kisaran harganya Rp 70 ribuan per kilogram tergantung jenis dan kondisi buahnya. Untuk Buah Naga, ia jual seharga Rp 25 ribu per kilo.

Dikatakannya, dalam sehari penjualan bermacam jenis buah dikiosnya bisa sampai puluhan kilogram. Semua tak lepas dari tingginya permintaan masyarakat, di saat kondisi kota Banjarmasin memberi rasa gerah lantaran teriknya matahari.

Ia mengaku, keuntungannya perhari cukup lumayan. Apalagi, di tengah cuaca panas buah yang terjual akan lebih banyak.

“Alhamdulillah, yang penting bisa memutar stok barang jualan dan menyisihkan buat bayar sewa kios,” kata dia.

Sementara itu, Ucok, warga Jalan Adhyaksa Banjarmasin, mengaku, ia kerap membeli buah-buahan segar yang banyak kandungan airnya, di kala cuaca panas seperti belakangan ini. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya