Rakor Pokjanal
Bupati Imbau Tingkatkan Peran Posyandu Pelayanan Multisektor

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry membuka rapat koordinasi (Rakor) penguatan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tingkat kabupaten HSS, Jumat (25/6/2021) pagi di Aula Kantor Kecamatan Kandangan.

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) itu, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS untuk meningkatkan Posyandu.

Bupati HSS Achmad Fikry menjelaskan, koordinasi penguatan Pokjanal Posyandu dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa. Hal itu agar kegiatan Posyandu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, lebih baik dan terarah lagi.

“Setelah ini pihak kecamatan dan desa juga akan melaksanakan rapat Pokjanal, agar Posyandu bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika yang ada,” tambahnya.

Bupati Achmad Fikry mengimbau, Pokjanal meningkatkan peran dan fungsi Posyandu tidak hanya untuk pelayanan kesehatan, tetapi juga pelayanan multi sektor dan multi dimensi.

Berita Lainnya
1 dari 528

Sehingga, posyandu bisa membawa dampak yang besar terhadap visi penurunan stunting di Kabupaten HSS.

“Dengan pola pikir posyandu tidak sekadar pelayanan kesehatan tetapi ada multi sektor yang bisa dilakukan, khususnya kita berusaha berkontribusi untuk penanganan masalah stunting,” terangnya.

Bupati Achmad Fikry berharap, rapat koordinasi peningkatan Pokjanal Posyandu yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta dinas terkait menghasilkan komitmen nyata.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Nurul Ahdani menjelaskan, demi meningkatkan Posyandu aktif perlu dilakukan upaya penuh bersama.

Menurutnya, Pemkab HSS telah berkomitmen dalam percepatan penurunan stunting. Sehingga, selaras dengan kegiatan Posyandu, yakni pemantauan tumbuh kembang anak dan balita. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya