Waspadai Paham Radikal, Polisi Ajak Warga Bijak

Paringin, KP – Ancaman penyebaran paham radikal terorisme di Indonesia memang harus terus diwaspadai dan diantisipasi melalui tindakan pencegahan. Sehingga, paham yang masuk tidak berlanjut menjadi aksi. Tak terkecuali seperti upaya tangkal radikalisme yang dilakukan Polres Balangan melalui Personel Polsek.

Kegiatan patroli dan dialogis bersama warga tersebut petugas patroli mengajak para pemuda untuk waspada terhadap adanya pengaruh paham radikalisme dan terorisme yang anti Pancasila serta kenakalan remaja.

“Radikalisme adalah suatu paham dari sekelompok orang yang mengingikan terjadinya perubahan ideologi negara dengan menghalalkan segala cara yang memaksakan kehendak sampai pada tindakan kekerasan, dan kelompok tersebut menjadikan para remaja remaja yang sedang mencari jati diri dijadikan sasaran agar mengikuti ajakan tersebut,” ucap Kasubbag Humas Polres Balangan AKP H. Siswanto, Rabu (09/06/2021) kemarin.

Berita Lainnya
1 dari 521

Siswanto mengungkapkan, hampir di setiap Polsek personelnya rutin mengajak masyarakat agar selalu waspada serta tidak terbujuk paham radikal, karena paham radikal selalu ingin melakukan perubahan dengan cara ekstrem bahkan cenderung menjurus ke tindakan kekerasan.

“Biasanya konsep politik, ekonomi dan sosial dan Agama yang diterapkan oleh mereka dan cenderung mengarah kepada aksi teror, hal tersebut yang meresahkan dan mengganggu stabilitas kamtibmas serta jelas jelas tidak sesuai dengan ideologi Pancasila,” tuturnya.

“Kami minta agar para pemuda dan remaja terutama yang ada diwilayah hukum Polres Balangan ini tidak mudah terpengaruh oleh ajakan dari kelompok orang orang yang tidak bertanggung jawab serta selektif dalam memilih teman bergaul supaya tidak salah jalan,” pesannya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya