Air Terjun Batarius Bakal Menjadi Objek Wisata Baru di Kalsel

Paringin, KP – Objek wisata Air terjun Batarius yang terletak di Dusun Jajanang, Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, akan menjadi destinasi objek wisata baru warga Kalimantan Selatan khususnya masyarakat Balangan.

“Akhir pekan tadi, kami mengeksplorasi air terjun yang sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh guna menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Balangan. Ini eksplorasi objek pariwisata ketiga yang kami lakukan, setelah sebelumnya air terjun Riam Bainggi di Kecamatan Tebing Tinggi dan air terjun Buntar di Kecamatan Halong juga,” ungkap Bupati Balangan Abdul Hadi usai mengeksplorasi air terjun Batarius, Selasa (6/7/2021).

Dia melanjutkan, untuk menuju air terjun yang dinilai beberapa orang sebagai yang paling eksotis di Kalsel ini, dia bersama rombongan harus menembus hutan menggunakan kendaraan jenis trail. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki menempuh medan yang lumayan ekstrem dengan melewati jalan menanjak dan menyisi jurang, serta menyeberangi sungai.

Jaraknya yang cukup jauh dan menyesuaikan porsi tenaga rombongan, perjalanan kaki hampir memakan waktu sekitar enam jam baru bisa sampai ke lokasi, dan keindahan yang diberikan air terjun Batarius sesuai dengan ekspektasi.

Berita Lainnya

Disdik Balangan Kembali Usulkan PTM

1 dari 489

“Air terjun Batarius luar biasa dan ini akan kita kembangkan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Balangan, terutama yang paling penting adalah dalam hal pembenahan infrastruktur akses jalan agar mudah digapai oleh wisatawan. Dalam kesempatan ini, kami juga mengajak pihak PUPR yang akan menindaklanjuti infrastruktur akses jalan, kemudian pengembangan dititik objek wisata Dinas Pariwisata yang mengembangkannya,” jelasnya.

Sektor pariwisata menjadi salah satu fokus kami, karena jika kita melihat dari segi ekonomi pariwisata kita akan melihat peluang besar di sana, dengan kekayaan alam yang dimiliki Balangan, peluang mendapatkan banyak pendapatan dari sektor pariwisata sangat terbuka lebar.

“Dari sektor pariwisata tersebut banyak hal yang bisa dikembangkan menjadi usaha untuk mendapatkan keuntungan. Serta menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat, yang tentunya secara tidak langsung akan mengangkat ekonomi masyarakat sekitar tersebut,” tuturnya.

Diketahui, perjalanan menuju lokasi Air Terjun Batarius sendiri dimulai dari Kota Paringin menuju Desa Mamigang sekitar satu jam setengah, dilanjutkan dari Desa Mamigang menuju Desa Jajanang selama kurang lebih dua jam, selanjutnya dari lokasi titik parkir terakhir di Desa Jajanang, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar enam jam untuk sampai ke lokasi Air Terjun Batarius. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya