Iklan
Iklan
Iklan
HUKUM & PERISTIWA

Polda Kalsel dan Ponpes se-HSS : Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme

×

Polda Kalsel dan Ponpes se-HSS : Tangkal Paham Radikalisme dan Terorisme

Sebarkan artikel ini
TANGKAL RADIKALISME- Kegiatan diskusi terkait bahayanya paham Radikalisme dan Terorisme dari Polda Kalsel bersama DPC FKPP se-HSS. (KP/Istimewa)

Silaturahmi tersebut juga dibalut dengan kegiatan diskusi dan sosialisasi tentang pencegahan radikalisme dan terorisme di lingkungan pondok pesantren

KANDANGAN, KP – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan menggelar silaturahmi bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), belum lama i ni.

Android

Mengusung tema “Bersama Pemerintah dan TNI/Polri, Pondok Pesantren sebagai benteng masuk dan berkembangnya paham radikal/intoleran serta menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan”.

Silaturahmi tersebut juga dibalut dengan kegiatan diskusi dan sosialisasi tentang pencegahan radikalisme dan terorisme di lingkungan pondok pesantren.

Dalam pemaparannya, Kanit Subdit Kamsus Dit Intelkam Polda Kalsel, Kompol I Wayan Suwardiasa mengingatkan bahaya akan paham terorisme, radikalisme, intoleransi.

“Isu utama yang kita sampaikan, yakni antisipasi masuknya paham radikal di wilayah pondok pesantren. Kami apresiasi upaya pondok pesantren di wilayah HSS yang tergabung dalam FKPP, sangat konsen untuk penanganan radikalisme,” tuturnya.

Dirinya berpesan kepada Pondok pesantren lebih selektif dalam mengangkat tenaga pengajar. Hal ini dimaksudkan sebagai filter bagi generasi muda saat ini yang sangat mudah untuk terprovokasi. Dalam pencegahan paham radikalisme dan terorisme, pondok pesantren memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pemahaman agama Islam.

“Pondok pesantren harus lebih waspada dalam mengangkat ustadz dan tenaga pengajar. Hal ini untuk mencegah narasi yang sifatnya provokatif,” tambah Kompol I Wayan Suwardiasa.

Disamping itu, Ia mengajak masyarakat mendukung kegiatan pemerintah melawan Covid-19 dengan cara berpartisipasi program Vaksinasi Covid-19, sehingga tidak perlu berpolemik bahwa virus ini merupakan rekayasa atau buatan.

Senada dengan penyampaian Kompol I Wayan Suwardiasa, Kombes Pol Sasri Adijaya berharap agar setiap organisasi melakukan filter terhadap paham radikalisme yang menyebabkan sikap intoleransi dan memuncak pada aktivitas terorisme.

“Indonesia menduduki urutan 37 ancaman teror. Jadi mari menciptakan keadaan yang kondusif demi keutuhan NKRI. Semua elemen harus bersinergi demi menjaga Kamtibmas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Hulu Sungai Selatan, KH Muhammad Riduan Basri atau Guru Kapuh menyampaikan pentingnya rasa toleransi untuk mengantisipasi terjadinya paham-paham baru yang dapat menimbulkan konflik. Menurutnya, semakin tinggi toleransi, maka semakin jauh dari radikal.

“Terorisme merupakan bahaya laten. Tidak kelihatan, tapi berbahaya. Semakin tinggi toleransi, maka akan semakin jauh dari radikal. Toleransi yang dimaksud disini adalah, meyakini apa yang menurut kita benar, tanpa menyalahkan keyakinan orang lain,” kata Guru Kapuh.

Ketua DPC FKPP Kabupaten HSS, Fahmi, S.Pdi, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Polda Kalimantan Selatan yang telah memberikan sosialisasi tentang pentingnya kewaspadaan terhadap bahaya radikalisme dan terorisme.

“Alhamdulillah hari ini banyak informasi yang kita dapatkan. Ini penting bagi kita, dalam rangka menangkal paham radikalisme,” ungkap Ustadz Fahmi.

Menurut Ustadz Fahmi, Pondok pesantren merupakan benteng terbaik bangsa Indonesia dalam memerangi paham radikalisme dan terorisme yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Karena itu, dengan hadirnya FKPP Kabupaten HSS, segala persoalan yang menyangkut kasus radikalisme akan dibahas secara solutif dalam forum tersebut.

“Di HSS ada FKPP. Jadi segala permasalahan radikalisme dibahas nantinya akan kita bahas disana, sehingga paham-paham tersebut bisa kita atasi,” tambahnya.

Acara silaturahmi yang juga dihadiri pihak Kodim 1003 Kandangan dan Perwakilan Pemerintah Kabupaten HSS tersebut digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Dalam kesempatan itu, Kompol I Wayan Suwardiasa juga menyerahkan sejumlah bingkisan kenang-kenangan kepada perwakilan seluruh pondok pesantren yang ada di Kabupaten HSS.

Diskusi tersebut dilakukan di aula Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Baladul Amin, Telaga Langsat, HSS, acara silaturahmi ini dan dihadiri jajaran Polda Kalsel, Kombes Pol Sasri Adijaya, Ketua FKPP HSS, Fahmi, S.Pdi, Ketua MUI HSS, KH Muhammad Riduan Basri atau Guru Kapuh, serta para pengurus dan Ustadz-Ustadzah Pondok Pesantren Se-kabupaten HSS. (Zak/K-4)

Iklan
Iklan