Sukamta Imbau Salat Idul Adha Berjamaah Harus Taat Prokes

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengimbau pengurus masjid dan masyarakat Kabupaten Tala yang melaksanakan salat Idul adha berjamaah agar taat dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, hal ini disampaikan saat melakukan Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Tala dengan Instansi Vertikal, di Rumah Makan Tepi Danau, Kecamatan Pelaihari Kamis (15/7/2021).

Menurut Sukamta pihaknya tidak melarang masyarakat di Kabupaten Tala untuk melaksanakan salat Idul adha berjamaah, namun pihaknya menganjurkan masyarakat untuk salat Idul adha di rumah saja bersama keluarga, “Kalau salat berjamaah tidak kita larang tapi kami anjurkan di rumah saja salatnya, karena lebih aman dan lebih baik, khususnya di wilayah yang terdapat kasus Covid-19. Nanti jamaah salatnya juga dibagi, misal ada yang di masjid, mushola dan lapangan,”tuturnya.

Ia ingin agar para jamaah menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan membawa sajadah sendiri, Sukamta menambahkan bahwa untuk pengurus masjid yang memiliki kapasitas besar seperti Masjid Agung Syuhada, Masjid Al-Manar dan masjid lainnya di wilayah Kecamatan Pelaihari akan mendapatkan sosialisasi untuk penerapan prokes dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tala.

Berita Lainnya
1 dari 443

Sementara untuk pelaksanaan bupati mengungkapkan pemotongan hewan qurban dianjurkan untuk dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), namun keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH, pemotongan hewan qurban dapat dilakukan di luar RPH dengan ketentuan, melaksanakan pemotongan hewan qurban di area yang luas sehingga memungkinkan diterapkannya jaga jarak fisik.

“Penyelenggara hanya membolehkan petugas dan pihak yang berkurban untuk menyaksikan pemotongan hewan qurbannya, menerapkan jaga jarak fisik antar petugas pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging, dan pendistribusian daging hewan qurban dilakukan oleh petugas kepada ke tempat tinggal warga yang berhak untuk menghindari kerumunan,”ucapnya.

Kegiatan rapat tersebut juga diikuti oleh Wabup Tala Abdi Rahman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tala, Kepala Kantor Kementerian Agama Tala dan jajaran Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya