APBD-P 2021 Siap Dibahas

Kasongan, KP – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Katingan siap untuk dibahas. Demikian yang dikatakan Wakil Ketua (Waket) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah SP kepada sejumlah media, Rabu (18/8).

Menurut Nanang, Senin (16/8) besok Badan Musyawarah (Banmus) DPRD, terlebih dahulu membuat jadwal sejumlah agenda yang akan dibahas. “Untuk penentuan jadwal tersebut, kami mengundang pihak eksekutif (tim anggaran),” ujar Nanang.

Adapun waktu pembahasannya nanti menurut Nanang, meskipun tidak begitu lama, namun lahtaran harus melalui tahapan-tahapan sesuai prosedur, sehingga agenda tersebut diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Sedangkan program yang dibahas dalam APBD-P Pemkab Katingan tahun anggaran 2021 ini nantinya, menurut-nya bukan membahas satu bidang dan satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja, tapi ada sejumlah bidang yang terkait pula dengan anggaran di sejumlah OPD lingkup Pemkab Katingan. Salah satu diantaranya adalah, tekait dana hibah,” sebut legislator partai Golkar ini.

Berita Lainnya

Desa Diminta Bagun Rumah Panggung

1 dari 112

Terkait rencana pembahasan APBD-P dimaksud, untuk saat ini menurut Nanang, KUA-PPAS dari tim anggaran sudah masuk di sekretariat DPRD setempat. Atas dasar inilah yang akan kita rapatkan dulu di Banmus nanti, guna membuat jadwal sejumlah agenda dan program yang bakal dibahas nantinya.

Kembali ke soal waktu pembahasan, meskipun hanya membutuhkan waktu, maksimal hanya sepekan, namun rentetan waktunya menurutnya diperkirakan mebutuhkan waktu sekitar satu bulan. “Terhitung sejak dibuatnya jadwal oleh Banmus,” jelasnya.

Sebab, sebelum Rancangan Peraturan Daerah Peraturan Daerah (Raperda) APBD-P Pemkab Katingan tahun anggaran 2021 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD-P, menurut-nya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Diantara beberapa tahapan dimaksud, lannjutnya, seperti pembahasan, pendapat fraksi-fraksi, jawaban Bupati dan lain sebagainya, hingga penandatangan penetapan Perda APBD-P Pemkab Katingan tahun anggaran 2021.

Terkait akan dibahasnya APBD-P dimaksud, anggota dewan asal dapil Katingan III ini berharap kepada pihak eksekutif dan legeslatif yang terlibat langsung dalam pembahasan APBD-P ini agar datang tepat waktu saat berlangsungnya ageda pembahasan. “Sehingga, bisa lebih cepat pula agenda ini diselesaikan. “Sebab waktu kita dalam menyelesaikan agenda pembangunan di tahun anggaran 2021 ini efrektifnya tinggal empat bulan saja,” pungkasnya. (isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya