Pendampingan Usaha Melalui Klinik Koperasi dan UMKM Disnakerkop HSS

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Perindustrian (Disnakerkop UKMP) membuka layanan inovasi, berupa Klinik Koperasi dan UMKM. 

Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad hadir turut memberikan motivasi pelaku UMKM, Kamis (5/8/2021) lalu di Aula Disnakerkop UKMP setempat.

Kepala Disnakerkop UKMP Kabupaten HSS Hendro Martono menjelaskan, Klinik Koperasi dan UMKM merupakan inovasi pihaknya, yang memberikan pelayanan pendampingan kepada pelaku UMKM di Kabupaten HSS dalam mengembangkan usaha.

Program tersebut sudah memasuki tahun kedua sejak awal 2020 lalu, dan telah dibentuk tim sesuai layanan yang diberikan.

Hendro menyebutkan, pendampingan pada bidang kualitas produksi dibantu oleh TP PKK Kabupaten HSS, dan bidang permodalan bekerjasama dengan perbankan. 

Berita Lainnya
1 dari 575

Bidang promosi dan distribusi dibantu Dinas Perdagangan, serta bidang perizinan produk dilakukan pendampingan oleh Bidang Perindustrian Dinakerkop UKMP HSS.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad menyambut baik, inovasi klinik koperasi dan UMKM oleh Disnakerkop UKMP itu. Tujuannya, membantu dan mendukung UMKM melalui pendampingan. 

“Pelaku UMKM ini merupakan pondasi penjaga angka kemiskinan, sehingga kita berkepentingan dengan mereka. Bila mereka mampu berkembang dan berhasil, tentu akan meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan menjadi hal yang baik bagi Kabupaten HSS,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syamsuri Arsyad meberikan motivasi UMKM agar lebih kreatif, dan produk berorientasi pada standar jumlah, kualitas, harga maupun servis pelayanan.

Syamsuri menambahkan, penting pula pelaku UMKM memperhatikan pangsa pasar, proses branding dan merek, serta penggunaan media sosial.

Ia berujar, tidak semua UMKM terdampak pandemi Covid-19. Beberapa produk malah sangat laku, seperti produk kesehatan atau jamu yang dapat meningkatkan imunitas. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya