Sahabat Indonesia Satu Dikukuhkan, Gelaran Lomba Nyanyi Virtual Nasional Sukses

Banjarmasin, KP – Sahabat Indonesia Satu Provinsi Kalimantan Selatan yang pengurusnya diketuai Dr dr Dharma PTR Maluegha resmi dikukuhkan untuk periode 2021–2025. Bahkan sebelum dikukuhkan selama seminggu digelar lomba nyanyi kebangsaan secara virtual tingkat SD dan SMP secara nasional.


Untuk pengukuhan pengurus Sahabat Indonesia Satu Kalsel disaksikan, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama H Hesly Junianto SH MH menjadi penasehat hadir dalam pengkuhan secara virtual, Selasa (24/08/2021).


Ketua Umum Sahabat Indonesia Satu Pusat, Sastra Hanjanto Tdjokusumo yang mengukuhkan secara resmi kepengurusan Sahabat Indonesia Satu Kalsel menyatakan, mengapresiasi atas suksesnya Sahabat Indonesia Satu Kalsel menggelar lomba nyanyi virtual tingkat nasional.


“Sebelum dikukuhkan, para pengurusnya sudah kompak dan sudah bisa menyukseskan lomba nyanyi virtual tingkat SD SMP secara nasional, kami sangat mengapresiasi semua sumbangsih bagi negeri tercinta ini,” ujarnya.


Sastra menyampaikan, Sahabat Indonesia Satu ini adalah menebar cinta kepada tanah air.”Istilahnya bukan menebar virus COVID-19, tapi menebar virus cinta kepada tanah air,” tuturnya.


Dia menyatakan, Sahabat Indonesia Satu sangat mengidolakan WR Supratman, dengan sebuah lagu Indonesia Raya yang diciptakannya dapat menyatukan bangsa Indonesia yang beraneka ragam suku dan agama.


“Mudah-mudahan Sahabat Indonesia Satu ini juga mengikuti jejak beliau, hingga kesatuan dan persatuan kita sebagai bangsa Indonesia terjaga dan jauh dari intoleransi,” ujarnya seraya mengucapkan selamat kepada semua pengurus Sahabat Indonesia Satu Kalsel.


Ketua Sahabat Indonesia Satu Kalsel Dr dr Dharma PTR Maluegha mengatakan, bersedianya dirinya juga teman-teman seniman lainnya bergabung di sini atas dasar sama-sama prihatin atas anak-anak yang sekarang ini lebih suka menyanyikan lagu-lagu orang dewasa.


“Kasian mereka kalau kehilangan sejarah bangsa ini, apalagi tidak sampai tahu lagu-lagunya, ini akan kita coba bangkitkan lagi,” papar dokter ahli bedah plastik ini.


Menurut dia, bangsa ini sedang terpuruk tidak hanya karena pandemi COVID-19, namun juga moral sebagai anak bangsa yang mulai luntur akan kecintaan terhadap tanah air, hingga pihaknya coba turun di sini dengan sasaran generasi muda yang akan jadi pewaris negeri ini.


“Sekecil apapun bisa kita berbuat moga dapat mengarahkan anak-anak kita ke jalan lebih baik, karena masa depan mereka panjang untuk negeri ini,” paparnya.


Dr Dharma menyatakan, lewat komunitas seni ini, bisa memperkenalkan banyak hal kepada anak-anak akan keindahan, kebhenikaan dan ketoleransian bangsa ini, baik lewat lagu atau pun seni lainnya.


“Jadi kita coba bisa mengambil peran di sini untuk generasi akan datang, kita terbuka semuanya untuk gabung di sini demi Indonesia Satu,” tuturnya.


Sementara itu, penasehat Sahabat Indonesia Satu Kalsel H Hesly Junianto mengatakan, kegiatan Sahabat Indonesia Satu adalah edukasi kepada anak untuk mengenalkan rasa persatuan dan kesatuan di negeri ini.


“Jadi sejak dini kita tanamkan itu untuk cinta NKRI, tentunya sudah harga mati,” tegasnya.


Adapun kegiatan lomba nyanyi virtual tingkat SD dan SMP secara nasional diikuti kurang lebih 40 orang. Dipilih tiga masing-masing yang menjadi peserta terbaik, baik tingkat SD dan SMP.

Karena kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi menanamkan cintai NKRI , yang pada umumnya selama ini mereka banyak sekolah secara Daring.


Sedangkan para juara lomba menyanyi nasinoal tingkat SD, Yuni Mahgalena dari SDN Sungai Andai, M Fauzan Rezky dari SD Kuripan 2 Banjarmasin, dan Novita Laena Jana dari SDN Kartika 6 Banjarmasin.

Sedangkan SMP Kezeya Yasika – dari SMPN 137 Jakarta, Maysela Cantika SMP 14 Banjarbaru, Tryly Precela Rahmadhani SMPN 1 Sidoarjo.(KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya