Bupati Bartim Apresiasi Perusahaan Ikut Bantu Penanganan COVID -19

Tamiang Layang , KP – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengapresiasi bantuan yang diberikan sejumlah perusahaan setempat yang bergerak di bidang pertambangan maupun perkebunan, yang ikut berpartisipasi dalam penanganan pandemi COVID -19.

“Salah satu perusahaan yakni PT Adaro Indonesia yang membantu berupa 15 unit oksigen konsentrator, 4.000 paket masker dan vitamin kepada Pemkab Bartim untuk penanggulangan dan penanganan COVID-19,” kata Ampera AY Mebas melalui telepon genggam di Tamiang Layang, Selasa(14/9/2021 )

Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat sekali dalam penanggulangan COVID-19 seperti pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan pembagian masker, dan peningkatan daya tahan tubuh masyarakat melalui pemberian vitamin.

Sedangkan penanganan COVID-19, kata dia, Pemkab Bartim melalui RSUD Tamiang Layang memanfaatkan oksigen konsentrator yang sudah diterima untuk memaksimalkan perawatan pasien COVID-19 agar cepat sembuh.

Dari segi lain, kata pria kelahiran 1967 itu, beban keuangan daerah juga diringankan dalam penanganan COVID-19 yang cukup tinggi, seperti anggaran untuk pembelian oksigen yang dapat ditanggulangi dengan adanya oksigen konsentrator.

Berita Lainnya

Bupati Bartim Minta Sekola Kawal Ketat Prokes

1 dari 640

Dicontohkan orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu, walaupun anggaran darah tersedia untuk membeli oksigen, belum tentu oksigen bisa didapatkan dengan mudah karena hampir semua daerah memerlukan oksigen.

“Saya atas nama Pemkab Barito Timur mengucapkan terimakasih kepada PT Adaro Indonesia yang telah mengabulkan permintaan saya dalam menanggulangi pandemi COVID-19,” kata Ampera.

Dijelaskan Ampera, pihaknya sudah menugaskan 10 camat setempat untuk memfokuskan lokasi perawatan warga terpapar COVID-19 pada satu atau dua titik di tiap kecamatan. Hal tersebut disampaikan dalam forum rapat Satgas COVID-19 yang dilaksanakan Selasa (31/8) sejak siang hingga petang.

“Saat ini sudah ada kecamatan yang melaporkan ketersediaan lokasi tempat isolasi warga terpapar COVID-19, seperti di Kecamatan Patangkep Tutui ada dua titik yakni rumah dinas camat dan gedung olahraga,” katanya.

Tambahnya, pemusatan isolasi warga terpapar COVID-19 juga dilakukan pihak Kecamatan Benua Lima, Karusen Janang, Dusun Tengah, Raren Batuah, Awang, Dusun Timur, Paju Epat, Paku dan Pematang Karau yang bekerjasama dengan Satgas COVID-19 Kecamatan masing-masing.

Pengaktifan Rusunawa di Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur sebagai lokasi isolasi warga terpapar COVID-19. Namun, kata dia, pengelolaanya ditangani langsung Puskesmas Edison Jaar. Sedangkan RSUD Tamiang Layang juga menambah kapasitas ruang perawatan pasien COVID-19 dengan memanfaatkan Ruang Nifas, Asoka, dan Ruang Perawatan B eks Dinkes Bartim. (vna/k-10 )

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya