DPRD Menekankan Jangan Sampai Salah Pilih Sekda

Paringin, KP – Menanggapi hasil seleksi jabatan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan berharap Bupati Balangan memilih calon yang bisa bekerjasama. Nilai tes kompetensi dapat dijadikan acuan dalam memilih Sekda defenitif tetapi semua menjadi hak prerogatif Bupati.

“Sesuai dengan hasil seleksi jabatan Sekda yang telah diumumkan Pansel maka disitu sudah terlihat nilai tertinggi. Dan sesuai regulasi juga, Kepala Daerah yang nanti akan menentukan. Itu memang hak prerogatif kepala daerah plus minusnya,” ujarnya saat dihubungi awak media, Senin, (20/09/2021).

Berita Lainnya

DPRD Balangan Dukung Vaksinasi Pelajar

1 dari 550

Meski demikian, DPRD Balangan tentu mendorong Bupati memilih Sekretaris Daerah yang bukan hanya memiliki kemampuan akademis tetapi memahami tata pemerintahan.

“Saran kami, hasil dari seleksi nilai-nilai terbaik itu pertimbangan oleh Kepala Daerah. Dari segi akademis, kemampuan di dalam tata Pemerintahan sudah terbukti dari hasil tes. Tetapi kan yang menggunakannya tetap Bupati, DPRD tetap menyerahkan sepenuhnya kepada kepala daerah,” kata Fauzan sapaan akrabnya Ketua DPRD.

Menurut dia, pilihan Bupati tentu dengan konsekuensi. Masyarakat juga berhak memberikan penilaian terhadap Sekda yang ditunjuk Kepala Daerah.

“Kalau memang memilih akademisi yang baik, sudah ada nilainya. Mungkin Kepala Daerah ada kepentingan atau pendapat yang lain diluar akademisi, ya silahkan. Masyarakat juga akan menilai,” pungkasnya.
Diketahui, dari lima calon sekda ada tiga calon yang mempunyai nilai tertinggi diantaranya, Dr Akhriani SPd MAP (Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik), Rakhmadi Yusni SSos MAP (Kepala Bappelitbangda) dan H Sutikno MAP (Inspektur). (srd/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya