FK ULM Beri Edukasi Gizi Seimbang di SMAN 1 Aluh-Aluh

Martapura, KP – Tim pengabdian masyarakat Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) Fakultas Kedokteran ULM memberikan edukasi gizi seimbang kepada remaja putri kelas X di SMAN 1 Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar.

Tim yang diketuai Dr Isnaini SSi Apt MSi didampingi Fakhriyah S SiT MKM, Dr Meitria Syahadatina Noor dr MKes, Hadrianti HD Lasari SKM MPH, Muhammad Irwan SGz MGz dan Andini Oktaviani Putri SKM M Kes tersebut melakukan kegiatan pengabdian pada 30-31 Juli 2021 kemarin.

Menurut Dr Isnaini, kepada KP, Minggu (26/9), pandemi Covid-19 hingga saat ini belum usai. Pihaknya pun dituntut bisa beradaptasi, sekaligus memberikan kontribusi nyata dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan salah satu bagian tridharma perguruan tinggi.

”Esensi kegiatan tersebut guna meningkatkan gizi seimbang di kalangan remaja putri, ini hal penting harus diperhatikan pada tiap fase kehidupan perempuan. Gangguan gizi di setiap fasenya tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga gangguan perkembangan dan penurunan kualitas hidup lintas generasi,” katanya.

Berita Lainnya

Apkasi Dukung Guru Kuasai Teknologi Digital

1 dari 680

Pengabdian masyarakat ini, sambungnya, dilaksanakan secara daring menggunakan metode google classroom. Metode ini digunakan untuk memudahkan remaja putri mengakses media edukasi berupa booklet dan pre-post test.

”Kami juga melibatkan mahasiswa PSKM yang menjadi enumerator dan konselor bagi remaja putri tersebut,” katanya.

Diawali dengan pemberian pre-test untuk mengukur sejauh mana pengetahuan remaja putri SMAN 1 Aluh-Aluh mengenai gizi seimbang, dilanjutkan pemberian media edukasi berupa booklet untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mereka.

”Diakhiri pemberian post-test guna mengetahui, apakah ada perubahan pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah edukasi,” tutur dosen pengajar Fakultas Kedokteran ULM ini.

Dia pun berharap lewat edukasi ini remaja putri mulai menyadari pentingnya gizi seimbang untuk kesehatan dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari serta sebagai cara agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya