HM Taufik Effendie, Sang Pencetak Simbol Kemapanan

Banjarmasin, KP – Sosok HM Taufik Effendie SE MBA bagi banua sudah tak asing lagi. Selain dikenal sebagai angkatan 66, juga tokoh pers yang dikenal gigih, ulet dan vokal dalam menyuarakan kebenaran.


Memasuki usianya ke 81, Taufik Effendie yang lahir di Sampit juga kenal di kalangan pengusaha di masa kejayaannya, dari orde baru hingga saat ini.


“Bahkan, dengan banyak terobosan yang dilakukan, beliau dikenal sebagai tokoh sang Pencetak Simbol Kemapanan,” ucap politisi Golkar Drs H Sukrowardi, yang datang ke Kantor Kalimantan Post, Rabu (29/9).


Bagaimana tidak, katanya, saat duduk sebagai Bendahara Golkar Kalsel di era orde baru, beliau berhasil memberikan kontribusi, seperti membangun dan rehab gedung Golkar Lantai III di Jalan Lambung Mangkurat yang hingga sekarang cukup representatif.

Berita Lainnya


Begitu juga saat menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Kalsel, HM Taufik Effendie meminjamkan tanahnya hingga sekarang ditempati sebagai Gedung Kadin Kalsel di Jalan Brigjen H Hasan Basri (Kayu Tangi) Banjarmasin.


Dengan kepiawaiannya, lanjut Sukrowardi, mendorong organisasi untuk memiliki gedung, sehingga tak berlebihan jika onwer Kalimantan Post ini dijuluki Sang Pencetak Simbol Kemapanan.


Belakangan, di tengah pandemi HM Taufik Effendie pun mampu membawa koran daerah Kalimantan Post tetap eksis ditengah distribusi dunia digital.


Hal ini membuktikan kepiawaiannya dalam menjalankan roda organisasi maupun usaha yang digelutinya, yang mampu bertahan dan berkembang cukup pesat.


Ditambah lagi, gagasan dan pemikirannya dalam sumbangsih membangun Kalsel dan Kota Banjarmasin banyak dilontarkan, termasuk bagaimana supaya Banjarmasin tidak dilanda Banjir sebagai Kota Air, yang tentunya harus mempertahankan budaya ini. Dan, dalam membangun pun hendaknya harus mempertahkan rumah lingkungan sekelilingnya.


“Beliau banyak pengalaman dan kawan akrab dengan almarhum H Sulaiman HB. Sampai sekarang mampu mempertahankan sebagai tokoh banua legendaris dari jaman ke jaman. Terbukti, selain banyak pengalaman yang menjadi sejarah dan peninggalan yang tak banyak diketahui oleh generasi kekinian,” beber Sukrowardi.


Karenanya, sebagai angkatan penerus, Sukrowardi mengucapkan Happy Milad ke 81 kepada HM Taufik Effendie. Saya juga mendoakan, semoga beliau dipanjangkan umur dan selalu bahagia bersama keluarganya,” ujarnya. (vin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya