Keliling Penginapan Guna Pastikan Kesehatan Atlet

Mimika, KP – Tim Kesehatan yang dikirim Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan (Kalsel) memilih untuk berkeliling ke setiap penginapan atau wisma atlet di Kabupaten Mimika, Papua.

Bulan tanpa alasan, keputusan tersebut diambil guna memastikan kondisi kesehatan para atlet yang bakal menjalani pertandingan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Perwakilan Tim Kesehatan Kalsel, klaster Mimika, dr Riyan Feizal menjelaskan pelayanan tersebut dilakukan tidak lain adalah untuk memastikan kondisi kebugaran tubuh para atlet sebelum bertanding.

“Tim kesehatan keliling ke setiap cabang olahraga untuk mengontrol kesehatan atlet. Baik itu di arena pertandingan maupun di penginapan,” jelasnya.

Dibeberkannya, kondisi atlet Kalsel klaster Mimika saat ini semuanya masih dalam keadaan normal dan tidak ada keluhan berarti.

“Atlet hanya butuh istirahat cukup untuk memulihkan stamina setelah bertanding,” tuturnya.

Berita Lainnya

Jabar tidak terkejar

1 dari 39

Lantas bagaimana dengan kondisi atlet yang baru datang ke Mimika?

Terkait hal itu, dr Riyan mengatakan, mereka juga tidak memiliki cedera atau keluhan berarti dari para atlet yang baru tiba dari Perjalanan yang panjang. Para atlet tersebut menurutnya hanya butuh istirahat karena perjalanan yang cukup lama.

“Pada intinya, jika ada atlet yang mengalami keluhan, segera ditangani dengan cepat. Kita juga ada masseur yang akan memberikan terapi kepada atlet,” sebutnya.

Disamping itu, Ketua koordinator kontingen PON Kalsel di Mimika, H Fitri Rifani menyebutkan, selain tim kesehatan ada juga psikolog yang disertakan.

“Psikolog akan membangkitkan semangat dan motivasi bagi para atlet sebelum bertanding,” jelasnya singkat.

Sebelumnya diketahui, KONI Kalsel mengerahkan tim kesehatan dan aparat keamanan (Polri dan TNI) untuk mengawal atlet yang bertanding di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

Termasuk wilayah Mimika, KONI Kalsel menerjunkan dr M
Ryan Feizal (dokter), Anwar Noor (perawat), Andi Akbar (perawat), Zainal Ilmi (masseur), M Syarif Hidayatullah (psikolog) yang memperhatikan kesehatan para atlet basket, panjat tebing, biliar, atletik, aeromodeling. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya