Kunjungan Berobat Malah Turun Selama Pandemi

Banjarmasin, KP – Tingkat kunjungan masyarakat untuk berobat ke Puskesmas selama pandemi Covid-19 menyerang Kota Banjarmasin malah terjadi penurunan pengunjung.

Kondisi tersebut terjadi di Puskesmas Karang Mekar, Kota Banjarmasin. Hal itu juga diakui oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puskesmas Karang Mekar, dr Rudi Irawan saat ditemui awak media, belum lama tadi.

“Kalau untuk kunjungan berobat saat ini memang terjadi penurunan,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum adanya pandemi Covid-19, pihaknya Puskesmas yang beralamat di Jalan Ratu Zaleha, Kecamatan Banjarmasin Timur itu bisa melayani lebih dari 100 pasien, paling sedikit 80 orang per hari.

Sayangnya, Rudi tidak membeberkan secara jelas berapa persen penurunan kunjungan ke Puskesmas dan penyebab kondisi tersebut terjadi.

“Kami tidak tahu penyebab pasti yang membuat turunnya tingkat kunjungan masyarakat untuk memeriksakan dirinya ke Puskesmas selama pandemi ini,” ujarnya.

Lantas, apakah penurunan kunjungan tersebut ada pengaruhnya dengan kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas?

Terkait hal itu, Rudi tidak menampik, bahwa pihaknya terpaksa menjalankan beberapa batasan prosedur dalam penanganan medis. Salah satunya pemeriksaan gigi dan mulut.

“Untuk pemeriksaan gigi memang tidak boleh langsung diperiksa, Karena besar kemungkinan akan terjadi penularan Covid-19 melalui mulut yang terbuka,” jelasnya.

Kendati demikian, Rudi mengaku bahwa pihaknya tetap membuka layanan pemeriksaan kesehatan untuk seluruh penanganan medis tanpa ada pengecualian.

“Intinya kita tidak pernah membatasi, seperti biasa. Malah kita ada tugas tambahan seperti melakukan tracing terhadap warga yang terkena Covid, pelayanan warga isoman. Belum lagi kita melakukan vaksinasi,” tukasnya.

Karena itu, ia berharap agar masyarakat jangan takut dan bisa memanfaatkan semaksimal mungkin layanan kesehatan yang ada di Puskesmas.

Menurutnya, dengan tetap disiplin dalam menjaga penerapan protokol kesehatan (prokes) khususnya memakai masker dan jaga jarak sudah bisa mengurangi resiko tertular Covid-19

“Karena saya sendiri alhamdulillah belum pernah sakit selama pandemi ini. Pada intinya harus tetap menjaga pola makan, terus menjaga jarak dan memakai masker, kita bisa lebih terlindungi baik dari Covid-19, tapi juga dari penyakit yang lain,” pungkasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya