Atasi Masalah Air Bersih, Bupati Apresiasi Pemdes Swarangan Berkolaborasi dengan PT JBG

Pelaihari, KP – Kolaborasi antara Pemerintah Desa (Pemdes) Swarangan dan PT Jorong Barutama Grestone (JBG) dalam upaya menanggulangi kekurangan air bersih di Desa Swarangan mendapat apresiasi dari Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta.

Hal tersebut ia sampaikan saat meninjau pembangunan sarana dan prasarana air bersih dengan sistem Charcoal High Carbon (CHC) dalam rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Swarangan Kecamatan Jorong, Jum’at (1/10/2021).

“Kejasama antara PT JBG dan Pemdes Swarangan dalam pembangunan sarana dan prasarana ini sangat baik untuk membantu masyarakat kita di Desa Swarangan tentang kekurangan air bersih, karena saat ini kita masih belum bisa menyediakan air bersih melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sampai kesini,” kata bupati.

Dalam proses pembangunan sarana dan prasarana air bersih ini, Bupati Tanah Laut HM Sukamta menerima langsung secara simbolis bantuan dari PT JBG melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) berupa penyediaan kolam penampungan air payau berukuran 20 x 25 meter dengan kedalaman tujuh meter yang berada di kawasan Jalan Hangtuah Dusun Katanahan RT 1 RW 1 Desa Swarangan.

Berita Lainnya

Bupati Resmikan Musala Hasil Swadaya Pegawai

Pelaksanaan Pilkades Serentak 1 Desember 2021

1 dari 510

Kepala Desa Swarangan H Baihaqi menyambut baik dan merasa bersyukur dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana air bersih didesanya.

Ia sampaikan pula bahwa nantinya air bersih yang dialirkan bisa mencakup sebanyak enam desa dari tiga dusun di desanya.

“Penyaluran air bersih akan kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), semoga masyarakat yang dalam jangkauan bisa menikmati semua,” kata kades.

Sistem CHC yang digunakan dalam upaya menyediakan air bersih ini berfungsi merubah air kotor dan air payau menjadi air layak konsumsi. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya