Dinkes Batola Gelar Advokasi Penguatan Germas Hidup Sehat

Marabahan, KP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar pertemuan Advokasi Penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (27/09/2021).

Pertemuan di Pendopo Bahalap Kantor Bupati dalam rangka sosialisasi dan evaluasi implementasi Germas yang melibatkan Bappelitbang ini juga dihadiri Ketua PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, para camat, dan SKPD terkait.

Pertemuan yang sekaligus sebagai ajang rapat koordinasi ini dimoderatori Sekretaris Dinkes Alfitri MPH dan Kabid Evaluasi dan Pengendalian Bappelitbang Dr H Wahyu Wiguna SAP MS.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pokja IV TP-PKK Batola, Hj Susilawaty Asy’ari menyampaikan, tujuan Germas selain untuk meningkatkan edukasi dan perilaku hidup sehat juga dalam upaya peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit.

Terkait peningkatan edukasi, urai Susilawaty, berupa program gizi seimbang dengan isi piringku serta sosialisasi pencegahan penularan covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 306

Untuk peningkatan perilaku hidup sehat, paparnya, melalui penggerakan partisipasi masyarakat dalam upaya promotif dan preventif melalui upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM).

Sedangkan dalam hal terkait peningkatan, pencegahan dan deteksi dini penyakit, papar Susi, melalui pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berkala bagi pengurus dan anggota TP-PKK, penyuluhan kesehatan mengenai penyakit menular dan melaksanakan sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara.

Bappelitbang Batola melalui Kabid Evaluasi dan Pengendalian Dr H Wahyu Wiguna SAP MS dan Sekretaris Dinkes Alfitri MPH mengatakan, pembangunan kesehatan hendaknya dilakukan secara komprehensif mencakup peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), pengobatan (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif).

Sedangkan jika dilihat dari sasarannya upaya kesehatan mencakup perorangan dan upaya kesehatan masyarakat.

Disebutkan, untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat luas dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui kebijakan/regulasi dengan tujuan dapat diimplementasikan masyarakat serta dapat dilakukan pemantauan dan evaluasi agar tujuan kebijakan tercapai sesuai harapan.

Dikatakan pula, Germas menjadi salah satu regulasi yang berperan penting dalam mendukung tercapainya tujuan kesehatan masyarakat dan lingkungan di daerah. Oleh karenanya koordinasi dan advokasi lintas program dalam tim pembina Germas sangat berperan penting dalam meraih dukungan. (ang/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya