Iklan
Iklan
Iklan
Palangka Raya

Kuantitas dan Kualitas Layanan Kesehatan Masyarakat Terus Ditingkatkan

×

Kuantitas dan Kualitas Layanan Kesehatan Masyarakat Terus Ditingkatkan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran. (kp/ist)

Di tengah pandemi covid 19 Pemerinrah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus mengupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan bagi masyarakat, tujuannya agar warga kian sehat.

PALANGKA RAYA, KP — Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyatakan, ditengah pandemi covid 19 Pemerinrah Provinsi terus mengupayakan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan bagi masyarakat, agar warga kian sehat.

Android

Hal itu ia sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan se- Kalimantan Tengah (Kalteng), di Pangkalan Bun, Kamis (14/10), yang dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran didampingi Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul.

Menurut Gubernur pada acara yang diikuti Staf Ahli Gubernur, Kepala Dinas Kabupaten/Kota se-Kalteng, dan perwakilan tenaga kesehatan se-Kalteng, kondisi covid 19 saat ini sudah melandai, tetapi diingatkan semua pihak tetap waspada.

Saat itu juga Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi Covid-19 di Kalteng.

Jumlah tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya pada Puskesmas dan Rumah Sakit se-Provinsi Kalteng di tahun 2020 mencapai 18374 orang. Jumlah ini tentu masih perlu terus ditingkatkan seiring pertumbuhan penduduk, “terlebih dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi seluruh tenaga kesehatan, seperti Dokter Spesialis, Dokter Umum, Perawat, Bidan, Apoteker, dan tenaga medis lainnya,” ungkap Gubernur.

Dengan demikian diharapkan seluruh masyarakat dapat mengakses fasilitas pelayanan kesehatan dengan mudah dan terjangkau. “Jangan sampai ada masyarakat Kalteng yang sulit mendapatkan akses fasilitas kesehatan khususnya bagi masyarakat miskin atau pra sejahtera,” pinta Gubernur.

Untuk itu, Gubernur minta jajaran Dinas Kesehatan dan mitra kerjanya terus melakukan koordinasi.serta sinergitas, guna mencari solusi menuntaskan pandemi covid 19 di Kalteng.

Upaya peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjutan juga terus dilakukan oleh pemerintah Provinsi Kalteng melalui pembangunan rumah sakit Kelas A dengan menggunakan pola kerja sama pemerintah dan Asosiasi Profesi dan Badan Usaha (APBU) yang masih terus berproses. Langkah ini diambil sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bermutu bagi masyarakat Kalteng di mana rumah sakit Kelas A juga diharapkan menjadi pusat rujukan regional di wilayah Kalimantan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul, dalam laporannya mengungkapkan Rakor Bidang Kesehatan merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Kalteng untuk memberikan dukungan kepada tenaga kesehatan

Dan melakukan identifikasi permasalahan pelayanan kesehatan dan dalam rangka upaya percepatan vaksinasi, serta menurunkan angka stunting di Provinsi Kalteng dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bidang kesehatan, baik Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit Provinsi, Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota, maupun seluruh pimpinan organisasi kesehatan dan tenaga kesehatan. (drt/K-10)

Iklan
Iklan