PPID Lakukan Inovasi dalam Pelayanan Informasi Publik

Palangka Raya, KP – Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo menyampaikan presentasi mengenai Inovasi dan Kolaborasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 yang digelar secara virtual, Senin (11/10).

Selain Wagub Kalteng Edy Pratowo, pemaparan kali ini juga disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba dan Syahrul Hanafi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi.

agub di dampingi antara lain Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Agus Siswadi serta Kepala Seksi Pengendalian Informasi Publik Diskominfosantik Laura Andalina.

Sementara itu, tampak hadir pula secara virtual dalam kegiatan yang dibuka Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat Romanus Ndau ini, antara lain Tenaga Ahli KI Pusat Agus Wijayanto Nugroho, pegiat Keterbukaan Informasi Publik Paulus Widiyanto, dan akademisi dari Universitas Indonesia Toto Pranoto.

Wagub Edy Pratowo menyampaikan layanan informasi dan dokumentasi secara online melalui website Kalteng lebih memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi publik pada masa pandemi Covid-19.

“Aplikasi SIPPID ini terintegrasi antara PPID Utama dan PPID Pelaksana pada masing-masing perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah serta PPID Utama pada Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah,” jelas Wagub, dan menambahkan SIPPID juga dapat diakses melaui aplikasi Kalteng Mobile.

Berita Lainnya
1 dari 520

Dalam rangka menyediakan akses bagi penyandang disabilitas, PPID Kalteng menyediakan sarana monitor pada ruang layanan informasi yang dapat melayani permintaan informasi bagi pemohon informasi.

Pada tahun 2021, PPID Kalteng juga telah menerbitkan e-Book tentang Standar Layanan Informasi yang dapat diunduh melalui link yang ada, sebagai panduan bagi masyarakat dalam melakukan permintaan informasi.

Wagub mengemukakan, di samping inovasi layanan online melalui ppid.kalteng.go.id, inovasi pelayanan informasi publik dalam masa pandemi Covid-19 lainnya, antara lain update informasi berkala melalui situs dimaksud.

Sementara itu, untuk meningkatkan koordinasi, kualitas pelayanan, dan kapasitas PPID lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, PPID Kalteng bekerja sama dengan Komisi Informasi Provinsi Kalteng melakukan monitoring dan evaluasi serta menyelenggarakan Bimtek secara berkala.

Koordinasi juga dilakukan melalui Whatsapp Group yang memudahkan perwakilan masing-masing PPID Badan Publik untuk melakukan komunikasi, berbagi ilmu dan pengalaman.

Untuk kolaborasi antar PPID badan publik, dikatakan Wagub, meliputi 3 hal, yakni kolaborasi dalam proses penyediaan informasi publik, kolaborasi dalam proses pelayanan informasi publik, dan kolaborasi dalam proses penyebarluasan informasi publik.

Menanggapi masukan para ahli, Wagub menyampaikan terima kasih atas masukan yang luar biasa tersebut. Wagub juga kembali menggarisbawahi bahwa koordinasi dan konsolidasi tidak hanya dilakukan antar PPID Badan Publik, namun juga dengan para tokoh masyarakat.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya