Siring Kembali Dibuka Awal November

Banjarmasin, KP – Kawasan wisata Siring Piere Tendean akhirnya bakal kembali dibuka setelah satu tahun lebih operasionalnya ditutup selama pandemi Covid-19 melanda Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina membeberkan, rencana pembukaan objek wisata yang mengandalkan view Sungai Martapura yang membelah Kota Baiman ini pada awal November nanti.

Alasan utama yang membuat Ibnu memutuskan untuk kembali membuka Terlebih sekarang ini lantaran status PPKM Kota Banjarmasin yang sudah berada di level II.

“Insyaallah awal bulan November akan kita buka secara terbatas,” ucapnya, saat ditemui awak media usai serah terima bantuan jukung dari PT Angkasa Pura I, Selasa (26/10) siang.

Kendati demikian, Ibnu menyatakan bahwa siring akan dibuka secara terbatas. Yakni hanya 30 persen dari total kapasitas pengunjung.

Itu pun dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat guna menghindari terjadinya paparan virus Corona di tempat wisata tersebut.

“Kita akan buka secara terbatas untuk menghindari terjadinya pembludakan yang nantinya bakal membuat kerumunan,” tekannya.

Berita Lainnya
1 dari 4.747
loading...

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjarmasin, Ikhsan Al Haq membenarkan, bahwa pihaknya sudah mendapat lampu hijau dari Wali Kota untuk membuka kawasan siring.

Namun secara teknis, pihaknya perlu berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, seperti Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk mengatur pengunjung yang datang.

“Secara kebijakan sudah diizinkan. Jadi tinggal teknis di lapangannya saja lagi agar tidak melanggar prokes,” ungkapnya.

Di sisi lain, Ikhsan mengakui bahwa objek wisata siring Piere Tendean yang tidak memiliki pagar, akan menyulitkan jajarannya untuk mengendalikan pengunjung yang datang.

Alhasil, pihaknya akan mengajukan konsep untuk memasang blokade di lokasi pasar terapung dan dijaga oleh petugas.

Kemudian setiap pengunjung yang ingin masuk, harus diperiksa cek suhu tubuhnya dan mengakses aplikasi peduli lindungi.

“Itu konsep yang akan kita ajukan. Jadi mereka yang beraktivitas harus melalui portal petugas terlebih dulu,” tuntasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya