Tiga Rumah Belum Dibebaskan Pemko, Penyelesaikan Jembatan HKSN Terkendala

Penyelesaian tiga rumah yang belum dibebasan dipastikan Plh Kadis PUPR Rini S danannya ada yang dititipkan di PUPR sehingga pihaknya optimis pembangunan jembatan akan rampung sesuai kontrak

BANJARMASIN, KP – Upaya Pemko Banjarmasin melakukan percepatan pembangunan Jembatan HKSN yang membentang Sungai Kuin yang sesuai kontrak wajib rampung 23 Desember 2021, tampakanya akan kembali molor lagi.

Pasalnya, sampai sekarang ini tiga rumah yang menjadi kewajiban Pemko Banjaramsin menyelesaikan pembangunan berdasar kontrak antara Dinas PUPR Kota Banjarmasin, sampai sekarang belum diselesaikan pembebasan pembangunan oleh Dinas Perkim dan terbukti masih ada tiga rumah bercokol di lokasi pengerjaan pembangunan yang dikerjakan kontraktor pemenang lelang.

Kondisi tersebut juga sudah beberapa kali diperingatan anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Komisi III yang membidang pembangunan. Namun peringatan tersebut, tampaknya kurang disikapi terbukti dalam pelaksaaan proyek yang sudah tinggal penyambungan jalan di kawasan tersebut harus terhenti karena masih adanya tiga bangunan yang bercokol di lokasi tersebut.

Bahkan dari pantauan awak media di lokasi proyek Jalan Kuin Cerucuk, Rabu (6/10/2021) sore, masih ada pekerja kontraktor sedang mengerhakan pembangunan pondasi lanjutan berbentuk melingkar ke arah Jalan Kuin Cerucuk, meski ada pemandangan tiga rumah yang mengghambat pembangunan karena masih belum dibebasakan Pemko Banjarmasin, sehingga sangat menganggu.

Padahal dalam rencana proyek Jembatan HKSN yang digarap kontraktor, tergambar hanya di bagian utara, sudah rampung pembebasannya. Pengerjaan pemindahan jalan sepanjang 86 meter dengan lebar 6 meter, bahu jalan 0,5 meter dan jalan cabang 2-4 meter bisa digarap kontraktor.

Berita Lainnya
1 dari 3.686

Sementara di lokasi Selatan arah menuju ke Kuin Selatan, pekerjaan pemindahan jalan sepanjang 86 meter dengan ukuran sama masih terkendala tiga bangunan yang belum dibebaskan. Bahkan kontraktor sudah menyiapkan tiang pancang beton untuk ditanam di lokasi agar bisa merealiasikan pekerjaan jalan sepanjang 89 meter, dengan pile head P32-P37 serta rigid beton grid P38-P41a.

Ketua RT 5 Kelurahan Kuin Cerucuk, Husin mengungkapkan keberadaan rumah lokasi proyek Jembatan HKSN, karena proses ganti ruginya belum ada kesepakatan. Ini dibandingkan beberapa rumah yang berada di bagian utara Jembatan HKSN, atau menuju ke Jalan Belitung Darat sudah dibebaskan.“Dua rumah yang belum dibongkar itu milik Jamilah dan H Sasi,” katanya.

PLH Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Ir Hj Rini S yang dikonfirmasi {{KP}} mengatakan mengatakan sebenarnya total rumah yang belum dibebaskan sebanyak hanya tiga unit saja. “Alotnya pembebasan dikarenakan mereka meminta meminta harga tinggi sehingga kalau melampoi dana yang ditetapkan apresal tentu saja kedepan Pemko akan segera koordinasi dengan Perkim supaya segegra bersikap dan bila perlu dana pembebasan di PUPR untuk dititipkan ke Pengadilan saja,’’ucap mantan Kabid Jembatan ini.

“Terus terang memang dana pembebasan khusus tiga rumah masih di PUPR meksi di Perkim tidak dianggarkan, akrena memang untuk percepatan pembangunan dan kebetulan pengalokasian dana pembebasan dana untuk membayar uang ganti rugi, ada di PUPR bukan Dinas Bidang Pertanahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin,’’katanya.

Rini juga mengakui memang tuntutan harga tinggi dari harga nilai objek pajak (NJOP) atau di atas penilaian tim appraisal. Menurutnya, para pemilik rumah yang hendak dibebaskan itu memang meminta harga ganti rugi yang tinggi. Bahkan, mereka ngotot tak mau membongkar sendiri atau dibongkar jika tak dibayar sesuai tuntutannya, ‘’ucap Rini.

Meskipun demikian, Rini optimis penyelesaikan pembangunan Jambatan HKSN tiga sesui kontrak, karena itulah secepatkan pihaknya akan segera koordinasi dengan Tim Pembebasan Lahan dan mendedak melaksananya pembebbasan supaya tak mengganggu kontraktor dalam menyelesaikan pekerjaan.(vin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya