Dinsos Jamin Tak Ada ASN Banjarmasin Terima Bansos

Banjarmasin, KP – Adanya fakta puluhan ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersebar di seluruh Indonesia menerima bantuan sosial (bansos) menjadi sorotan publik.

Bantuan yang dimaksud berupa program Penerima Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, bahwa dari data yang dikumpulkan terdapat sebanyak 31.624 ASN yang menerima Bansos, dimana dari total tersebut, 28.965 merupakan ASN aktif.

Lantas, dari puluhan ribu ASN aktif yang dimaksud Menteri Risma itu apakah juga terdapat di Kota Banjarmasin?

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto, meyakini bahwa untuk saat ini di Banjarmasin tidak ada yang namanya ASN menerima bansos baik apapun bentuknya.

“Kita yakin, saat ini di Banjarmasin tidak ada ASN yang menerima bansos,” ucapnya saat ditemui awak media, Rabu (24/11) siang.

Kendati demikian, ia tidak menampik bahwa sebelumnya memang ada salah seorang ASN di lingkup Pemko Banjarmasin yang menerima bansos tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 3.947

“Dulu memang pernah saat kita awal-awal menjabat menjadi Kadinsos. Ada dia itu identitasnya sebagai ASN tapi sebenarnya sudah dikeluarkan,” ungkapnya.

“Saat ini sebenarnya tinggal masalah data, kita dari bawah ini, kabupaten/kota sudah meminta untuk data itu dihapus,” sambungnya.

Iwan menjelaskan, kemungkinan dulunya sebelum orang tersebut menjadi ASN. Memang benar orang tersebut termasuk sebagai salah seorang penerima bantuan.

“Itu sewaktu dia (ASN yang bersangkutan) hanya berstatus honorer, lalu diangkat menjadi ASN setelah ada penerimaan, tetapi data itu masih melekat. Tapi setelah menjadi ASN data tersebut sudah dilaporkan untuk dihapus,” bebernya.

Untuk kasus ini, Iwan meyakini bahwa sudah tidak ada lagi data ASN yang terdata sebagai penerima bansos, apapun bentuk bantuannya.

“Tahun 2019 lalu, itu data salah seorang ASN itu sudah kita hapuskan, jadi tidak ada lagi data ASN itu,” tekannya.

“Jadi saya yakini tidak ada lagi ASN Pemko Banjarmasin yang terdata menerima Bansos,” pungkasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya