Pasar Bauntung Banjarbaru Incar Sertifikat SNI dari Kamendag RI

Banjarbaru, KP- Upaya peningkatan fasilitas pelayanan agar memenuhi persyaratan meraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Lembaga Sertifikasi Produk PPMB (LSPro- PPMB) Kementerian Perdagangan (Kamendag) RI terus dikejar oleh Pasar Bauntung Banjarbaru.

Kepala UPT Pasar Bauntung RO Ulin Banjarbaru, Adi Royan menyebutkan, saat ini penilaian sementara Pasar Bauntung Banjarbaru telah mencapai 90 persen.

“Jadi kita tinggal membenahi beberapa nilai parameter SNI baik itu melengkapi pengelolaan sampah, manajemen, atau bahkan melengkapi kelengkapan fasilitas yang telah tersedia,” jelas Adi Royan,

Saat ini ada beberapa langkah sederhana yang sudah dilaksanakan seperti gotong royong dan bekerjasama dengan beberapa pihak untuk memenuhi persyaratan pasar dengan standar SNI.

Berita Lainnya

PTM SD di Banjarbaru Dibarengi Imunisasi DT

Peringati HUT KORPRI Walikota Gowes Bersama

1 dari 758

“Penanganan sampah kita mengandeng dengan para pengepul barang bekas, seperti bahan bahan plastik, botol. Sehingga mengurangi volume sampah dari pasar. Dan melakukan pembicaraan kelompok masyarakat ulat monggot hanya memakan bahan organik, sisa-sisa sayur yang ada di pasar,” Tambahnya.

Pentingnya penerapan SNI di pasar ini karena dapat menambah nilai jual, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya tarik bagi pembeli.

“Untuk menambah suasana nyaman dalam pasar, kita adakan kursi tunggu bagi keluarga yang menemani belanja, dan juga waktu dekat ini kita akan adakan tanaman pot di area dalam pasar,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya bahwa secara garis besar, SNI Pasar Rakyat menyaratkan tiga hal, yakni persyaratan umum, teknis, dan pengelolaan.

“Kita saat ini mengutamakan akan dalam faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan,” tambahnya. (Dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya