Kalsel Perkaya Materi Raperda Pembinaan Ideologi Pancasila

Berita Lainnya

Ibnu Sina Hadir di Apeksi Nasional

PKK Laksanakan Rapat Rutin

1 dari 4.236

Banjarmasin, KP – DPRD Kalsel memperkaya materi Raperda Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan agar bisa meningkatkan pemahaman masyarakat.
“Jadi kita perlu aturan yang menguatkan pelaksanaan sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan,” kata Ketua Pansus Raperda Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, H Suripno Sumas, usai kunjungan kerja ke DPRD Jawa Timur, belum lama ini.
Suripno Sumas mengatakan, sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan.
“Kita perlu belajar tata cara penyelenggaraan di Jawa Timur,” tambah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Diakui, diperlukan beberapa sinkronisasi antara rencana peraturan yang dibuat dengan adanya Perda yang sudah dibuat DPRD Jatim, khususnya teknis penyelenggaraan sosialisasi tersebut.
“DPRD Jawa Timur ternyata membuat Perda yang lebih luas, terkait masalah anggaran,” ujar Suripno.
Untuk masalah penggunaan anggaran, semua hal-hal yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan, baik saat sosialisasi wawasan kebangsaan maupun kegiatan lainnya.
“Mereka membuat Perda secara global atau secara umum, yang secara khususnya nanti dibuat dengan Peraturan Gubernur,” jelas Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel.
Lebih lanjut diungkapkan, pihaknya beranggapan Perda Jawa Timur lebih luas daripada yang telah dibuat, sehingga masalah ini akan dibahas pada pertemuan Pansus mendatang.
“Mungkin kita bisa menerapkan seperti milik DPRD Jawa Timur, agar payung hukumnya jelas,” ujar Suripno Sumas. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya