Dinilai Membahayakan, Warga Tutup Sendiri Lubang Trotoar

Banjarmasin, KP – Keberadaan lubang di trotoar Jalan S Parman, Banjarmasin, dinilai sudah sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KP di lokasi, lubang yang dirasa warga paling membahayakan tersebut ada di depan markas UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin.

Pasalnya, tepat di depan gerbang pintu masuk markas PMI itu terdapat lubang berukuran sekitar 1×1 yang menganga akibat penutup drainase di trotoar tersebut.

Tidak hanya itu, badan trotoar di sekitarnya pun juga banyak yang ambruk. Dan kondisi tersebut terkesan dibiarkan tanpa penanganan.

Alhasil, warga yang merasa geram dengan kondisi lubang drainase di trotoar jalan S. Parman itu, akhirnya berinisiatif menutup lubang secara swadaya.

Mereka menutup lubang-lubang drainase yang tepat berada di kantor PMI Provinsi Kalimantan Selatan itu, dengan penutup berbahan kayu ulin.

Sedikitnya ada lima lubang yang ditutup dan di bagian sisi penutup lubang buatan mereka itu dicor semen agar tidak mudah lepas.

Suharyanto, Warga Banjarmasin mengaku, aksi ini dilakukan semata-mata atas nama kemanusian, guna mencegah munculnya korban.

Terlebih dirinya secara pribadi, juga sempat hampir terperosok di lubang-lubang drainase itu, ketika akan mendonorkan darah di PMI.

“Lubang-lubang ini kondisinya sudah cukup lama. Dan kebetulan saya juga pendonor darah sukarela rutin di PMI,” ucapnya, saat ditemui awak media, di sela-sela penutupan lubang drainase, Sabtu (15/1) pagi.

Ia menyayangkan, lubang-lubang drainase yang cukup lama dan terkesan dibiarkan oleh instansi terkait. Hingga akhirnya, Ia bersama rekannya yang lain berinisiatif menutup lubang-lubang dengan dana pribadi.

“Biaya pembuatan tutup drainase dan keperluan lainnya sekitar Rp1 juta. Kita sengaja menggunakan kayu ulin agar bisa bertahan lama,” jelasnya.

Dengan aksi ini, pria dengan sapaan Yanto itu berharap, agar Pemerintah Daerah melalui instansi terkait yang punya kewenangan dapat lebih memperhatikan kondisi fasilitas publik.

Berita Lainnya
1 dari 4.730
loading...

Apalagi fasilitas yang sangat berhubungan erat dengan masyarakat, salah satunya seperti trotoar di jalan-jalan utama.

“Kalau sepengetahuan kita cukup banyak lagi lubang-lubang drainase yang menganga. Terutama di sepanjang jalan S. Parman ini,” pungkasnya.

Disisi lain, Security Markas UDD PMI Kota Banjarmasin, Mahyuni membeberkan, lubang menganga di trotoar tersebut sudah lama terjadi.

“Kemungkinan gara-gara keseringan dipakai buat parkiran. Soalnya waktu trotoar itu masih utuh, setiap pagi banyak mobil yang parkir,” bebernya.

Ia menilai bahwa keberadaan lubang drainase yang kini sudah ditutupi itu sangat membahayakan pengendara, terutama warga yang ingin masuk ke markas PMI Kota Banjarmasin.

“Sebelum ditutup ini ada warga dari palangka yang ingin meminta darah ke kita. Pas masuk gerbang mobilnya terperosok. Dan itu tidak hanya sekali itu saja,” ungkapnya.

“Kalau sudah ditutup seperti sekarang ini Alhamdulillah. Jadi warga yang beraktivitas melewati trotoar itu bisa lebih nyaman,” tuntasnya.

Disisi lain, maraknya tutup drainase yang hilang, terutama berbahan besi atau manhole memang sedang menjadi permasalahan pelik Pemerintah Kota Banjarmasin.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Rini Subantari mengakui, banyak menerima laporan tutup drainase yang hilang di setiap kecamatan.

Sayangnya, tidak semua lubang drainase yang hilang bisa tertangani.

“Sementara ada yang kita tutup dengan kayu ulin. Sembari kita mencari lain bagaimana caranya agar manhole ini tidak lagi dicuri,” pungkasnya.

Terakhir. Ia juga berencana akan membawa kasus hilangnya tutup manhole ini ke Polresta Banjarmasin.

“Kita masih mengumpulkan laporan. Rencananya akan kita jadikan satu laporan saja ke Polresta Banjarmasin,” tutupnya. (zak/K-7)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya