Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINEPEMPROV KALSEL

Setelah Setengah Abad, Provinsi Kalsel Tuan Rumah MTQ Nasional Lagi

×

Setelah Setengah Abad, Provinsi Kalsel Tuan Rumah MTQ Nasional Lagi

Sebarkan artikel ini
Paman Birin bersama pemuka agama usai menerima SK penetapan tuan rumah MTQ 2022

Banjarmasin, KP – Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan pernah dipercaya dan sukses menjadi tuan rumah MTO Nasional ke 3 pada tahun 1970. Kalsel telah menunggu lebih dari 50 tahun dan tahun ini menjadi momentum setengah abad Kalsel kembali menjadi tuan rumah MTO.

Kalimantan Selatan ditetapkan menjadi tuan rumah MTO Nasional XXIX tahun 2022 berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 442 Tahun 2020.

“Alhamdulillah Kalsel kembali menjadi penyelenggggara MTO tingkat nasional, setelah 50 tahun yang lalu Kalsel dipercaya tuan rumah MTO Nasional yang ke 3,” kata Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, di Mahligai Pancasila Agustus 2020 lalu usai menerima SK Nomor 442 tanggal 20 Mei Tahun 2020 yang diserahkan Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Ahmad Juraidi.

Paman Birin berkomitmen untuk menyukseskan MTO pada tahun 2022 mendatang. “Mohon doa dan dukungan masyarakat agar dapat melaksanakannya dan meraih prestasi,” harap Paman Birin.

Paman Birin juga mengucapkan syukur atas direstuinya Banua menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTO nasional. “Walau waktu masih panjang namun persiapan akan mulai kita lakukan sejak sekarang,” katanya.

Sementara itu, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Ahmad Juraidi mengatakan, penetapan tuan rumah MTO Nasional memerlukan proses yang panjang. Ada beberapa tahapan diantaranya, adanya keinginan kuat dari calon tuan rumah.

“Kalsel dua kali mengirim surat, pertama 2018 sudah memohon, kemudian 2020 memohon kembali. Alhamdulillah akhirnya Kementerian Agama memutuskan MTO Nasional ke 29 dilaksanakan di Kalsel,” katanya.

Poin penting terpilihnya Kalsel sebagai tuan rumah MTO adalah komitmen kepala daerah yang memenuhi persyaratan yang ditentukan agar dapat dipilih sebagai tuan rumah. “Komitmen kepala daerah merupakan catatan penting pemilihan Kalsel sebagai tuan rumah MTO,” kata Juraidi.

Baca Juga:  Produksi Perikanan di Kalsel Terus Meningkat 4 Tahun Terakhir

Ditambahkan Juraidi, faktor lain yang menentukan adalah kemampuan dan pengalaman daerah penyelenggara, kemudian fasilitas yang tersedia, dukungan masyarakat, dan anggaran yang tersedia.

Direncanakan pelaksanaan MTO XXIX pada 10-19 Oktober 2022. “Venue MTO Nasional 2022 ada tiga daerah yakni kota Banjarmasin dengan menyiapkan 2 venue, kota Banjarbaru 4 venue dan Kabupaten Banjar dengan 6 venue . Astaka Utama Kiram Park Kabupaten Banjar akan menjadi venue pembukaan dan penutupan pelaksanaan MTO mendatang ,” jelas Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar saat Rakor bersama Kementerian PMK di Jakarta baru baru tadi.(adv/K-2)

Iklan
Iklan