Sambut Hari Kebangkitan Nasional, PAC PDIP Banbar Dukung Pecahkan Rekor MURI Senam Sicita

Banjarmasin, KP – Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Banjarmasin Barat menggelar senam Sicita (Senam Indonesia Cinta Tanah Air) yang dilaksanakan di halaman samping Kedai 99 Trisakti, Banjarmasin.

Senam Sicita dilaksanakan
secara serentak dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022 di seluruh kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Senam yang melibatkan ratusan ribu kader dan simpatisan serta warga masyarakat ini akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai senam terbanyak yang dilaksanakan secara serentak dengan metode hybrid di tanah air.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PDI Perjuangan, Saut Nathan Samosir di sela kegiatan senam, Jumat (20/5) pagi.

IMG 20220520 144854 1

“Hari ini kita dari DPC PDI Perjuangan Kota Banjarmasin secara khusus PAC Banjarmasin Barat menggelar senam Sicita. Kegiatan ini sesuai dengan instruksi dari DPP PDI Perjuangan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei,” ujarnya.

Berita Lainnya
loading...

Senam ini, lanjut Samosir juga dalam upaya pemecahan rekor MURI, dimana seluruh kabupaten/kota atau provinsi se-Indonesia melakukan senam Sicita secara serentak pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB dan 09.00 WIB dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan YouTube, serta aplikasi media sosial lainnya.

“Pelaksanaan senam Sicita ini dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, yang dibuka oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto,” beber Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin ini.

Samosir menambahkan, senam Sicita telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Senam yang musiknya terdiri dari lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan ini juga telah divalidasi oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kemenpora RI sebagai sebuah senam dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham RI.

“Senam Sicita ini sudah mendapat pengakuan dan hak cipta. Sebenarnya ini sudah kita lakukan sejak bulan Januari lalu di salah satu kelurahan, yaitu Kelurahan Kuin Cerucuk. Kemudian hari ini kita coba lagi karena ada permintaan dari DPP untuk pemecahan Rekor MURI,” terang owner perusahaan Ekspedisi Lintas Jawa Group ini.

Kemudian, untuk jumlah peserta menurutnya kurang lebih sebanyak 120 orang dari target 141 orang yang melakukan pendaftaran sebelumnya.

“Artinya hampir 90 persen bisa mengikuti senam Sicita pagi hari ini. Jadi, khusus untuk DPC Kota Banjarmasin, senam Sicita ini diwakili oleh PAC PDI Perjuangan Banjarmasin Barat. Sementara, di tingkat provinsi atau DPD PDI Perjuangan juga melaksanakan di GOR Hasanuddin HM, Banjarmasin,” tutupnya (Opq/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya