BKPRMI Anugerahi Kalsel Piala Tetap Juara Umum FASI

Paman Birin Berharap Prestasi Kafilah Jadi Inspirasi Generasi Muda

Banjarmasin, KP – Kontingen Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) ke XI asal Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali meraih juara umum pada gelaran kegiatan tingkat Nasional tahun 2022 di Kota Palembang Sumatera Selatan, tanggal 24 – 27 Maret 2022 lalu.

Penyerahan piala tetap juara umum FASI ke XI dilakukan Direktur Nasional LPPTKA BKPRMI Gunawan kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin, Sabtu (23/07/2022) di Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Turut menyaksikan, Ketua II DPP BKPRMI Syamsuri Yusuf, Direktur Nasional DPP LPPKS BKPRMI Hariyanto, Bendahara Umum Neneng S Anita, Bendahara LPP BKPRMI Abdul Kadir, dan Sekretaris Jenderal DPP BKPRMI Ahmad Rizqon serta Ketua BKPRMI Kalsel, Hermansyah dan kafilah FASI XI 2022.

Ketum DPP BKPRMI Said Aldi Alidrus diwakili Direktur Nasional LPPTKA BKPRMI Gunawan HS mengatakan, terselanggaranya FASI XI merupakan perjalanan panjang yang semua dijadwalkan di Palangkaraya Kalimantan Tengah dialihkan ke Palembang Sumatera Selatan.

Di Palembang pun langsung proses yang sempat terhambat karena pandemi covid-19 dan persiapan pelaksanaan hanya tiga minggu.


“Secara umum FASI ke XI berjalan sukses yang menetapkan Jabar sebagai juara umum (sebelumnya,red),” ujar Gunawan.


Namun tiga minggu kemudian ujar Gunawan, ada laporan perlu perubahan penetapan juara umum, lantaran ada ketidaksesuaian data dan peserta.


Akhirnya, dikeluarkan suatu perubahan yakni menganulir Jabar sebagai juara umum karena ada pengurangan nilai, lalu menetapkan Kalsel yang berada di runner up, sebagai juara umum.

Berita Lainnya
1 dari 2
loading...


“Awal Juni piala umum sudah diserahkan pihak Jawa Barat ke BKPRMI yang selanjutnya dibawa ke Kalsel,” jelasnya.


Dengan diraihnya piala juara umum yang ketiga kalinya, maka Kalsel dinyatakan berhak mendapat piala tetap juara umum.


Gubernur menyatakan bersyukur atas terselanggaranya FASI ke XI di Palembang-Sumsel, dan kafilah Kalsel yang semula juara kedua, direvisi menjadi juara umum setelah dilakukan penyesuaian nilai akhir.


“Kalsel ada daerah religius yang tentunya membawa kebanggaan masyakarat atau prestasi yang dicapai (juara umum FASI ke XI,red),” ujar Paman Birin.


Lanjut dikatakan Paman Birin, kafilah FASI asal Banua yang berprestasi ini, dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya di Kalsel untuk membawa harum nama Banua.


“Kalau mau, kita pun bersedia menjadi tuan rumah FASI berikutnya,” ucapnya sembari menyampaikan penghargaan kepada panitia nasional, para ustadz/ustadzah, pembimbing, dan pihak lainnya.


FASI merupakan kegiatan lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri TKA, TPQ, dan TQA yang diselanggarakan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI) per tiga tahun.


Pada FASI XI 2022, Kalsel menurunkan sebanyak 41 peserta yang mengikuti di 19 jenis lomba dengan 34 kategori kejuaraan pada jenjang Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), dan santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA). Kalsel pun ditetapkan sebagai juara umum sesuai SK LPP TKA BKPRMI Nomor : 146.A/LPPTKA BKPRMI/IV/2022 tanggal 22 April 2022.

Prestasi yang dicapai kafilah Kalsel antara lain, Juara I tartil putri atas nama Difa Salma Pertiwi dengan nilai 96,5, juara I tilawah putri atas nama Siti Solehah dengan nilai 98, juara III kisah islami diraih Nailah Azmi dengan nilai 85, dan Juara III kaligrafi putri atas nama Najwa Salwa Husna dengan nilai 80.

Sebelumnya, kafilah Kalsel meraih juara umum FASI IX tahun 2014 di Kota Bandung Jawa Barat dan FASI X tahun 2017 di Banjarmasin Provinsi Kalsel. (Nau/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya